Kolaka (ANTARA) - Panitia pemilihan rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara, dijadwalkan bakal menggelar pemilihan rektor pada 18 Mei 2022 menyusul masa jabatan rektor Azhari bakal berakhir.

Ketua Panitia, Yahyanto di Kolaka, Kamis, mengatakan,sehubungan akan berakhirnya masa jabatan Azhari selaku Rektor USN Kolaka pada 28 Juni 2022 nanti, pihaknya kini mulai mengatur jadwal pemilihan Rektor periode 2022-2026.

"Jadwal pemilihan rektor tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi," katanya.

Menurut Yahyanto sejak awal Januari lalu pihaknya sudah mulai persiapkan laporan dan konsultasi persiapan pemilihan Rektor USN Kolaka ke Kemendikbud Dikti dan berdasarkan surat dari kementerian tersebut,panitia telah mempersiapkan segala jadwal dan persyaratan yang dipersiapkan dalam hal pemilihan rektor USN Kolaka itu.

Jadwal pemilihan Rektor, kata dia,memasuki tahapan sosialisasi pendaftaran bakal calon yang akan dimulai tanggal 5 - 13 Februari 2022 dan pada tanggal 28 Februari - 28 Maret 2022 akan dibuka pendaftaran bakal calon Rektor dan dilanjutkan dengan penjaringan bakal calon pada pada tanggal 2 - 14 April 2022 mendatang.

Yahyanto juga menjelaskan dalam tahapan penjaringan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon, di antaranya merupakan pegawai negeri sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah yaitu Lektor Kepala. 

" Selain itu terdapat beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh bakal calon rektor USN Kolaka periode 2022-2026," ungkap dosen hukum itu.

Sementara itu, Ketua Senat USN Kolaka, Yuli Purbaningsih berharap pemilihan rektor nantinya dapat berjalan aman dan lancar sampai akhir penetapan rektor terpilih.

"Karena jadwal ini sudah disetujui oleh kementerian, kita berharap pemilihan rektor dapat berjalan aman, lancar," katanya.
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024