Kendari (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan ASDP Baubau bekerja sama menyelenggarakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kerja warga di Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Menurut Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu, BLK Kendari dan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Baubau menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi non-institusional di Kelurahan Lakambau, Kecamatan Batauga, Buton Selatan.

"Pelatihan yang terselenggara merupakan paket pelatihan pertama yang diselenggarakan BLK Kendari pada tahun 2022 ini bekerja sama dengan PT ASDP Cabang Baubau, di mana Kabupaten Buton Selatan mendapatkan tujuh paket," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers Humas BLK Kendari di Kendari, Jumat.

Pelatihan diikuti oleh total 112 peserta. Masing-masing ada 16 orang yang mengikuti program pelatihan Asisten Pembuat Pakaian, Fitter Struktur (Las), Tata Rias Kecantikan, Pembudidayaan Hidroponik, Pembuatan Roti dan Kue, Audio Video, dan Servis Sepeda Motor Konvensional.

"Kami menyiapkan tenaga pengajar atau instruktur terbaik," kata La Ode Haji Polondu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Selatan Isur Hanafsa mengatakan bahwa penyelenggaraan pelatihan kerja diharapkan bisa membantu warga mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sendiri.

"Kondisi seperti ini merupakan hal yang sangat diharapkan. Apalagi setelah para siswa selesai mengikuti pelatihan, pengetahuan yang diperoleh bisa dibagi kepada orang-orang di sekitarnya, sehingga nilai kebaikan itu terus bergulir dan mengalir terus," katanya.

Manajer Keuangan dan SDM/UMUM PT ASDP Cabang Baubau Burhan Zahim mengatakan bahwa perusahaannya siap merekrut peserta pelatihan yang diselenggarakan oleh BLK Kendari.

"Insya Allah setelah pelatihan ini usai para peserta pelatihan yang dilatih BLK Kendari akan kami berdayakan," katanya.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024