Kendari (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menyatakan sebagian kelompok lanjut usia di daerah setempat telah divaksinasi dosis ketiga atau penguat.

"Saat ini Kota Kendari sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kepada lansia. Kita mulai sejak Rabu (19/1) lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kendari Rahminingrum di Kendari, Ahad.

Cakupan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia di kota itu untuk dosis pertama mencapai 8.770 atau 51,47 persen dan dosis kedua sebanyak 6.217.

"Untuk dosis ketiga atau penguat baru mencapai 52 atau 0,31 persen dan 17.040 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi," ujar dia.

Dinas Kesehatan Kendari mengimbau para lansia di daerah itu untuk mengikuti dan melengkapi dosis vaksinasi di pusat layanan vaksinasi yang telah tersedia sehingga dapat membentuk ketahanan komunal dari pandemi COVID-19 dan varian haru jenis Omicron.

Ia menjelaskan untuk vaksinasi, masyarakat Kota Kendari cukup membawa KTP atau Kartu Keluarga dan mengisi formulir pendaftaran di posko vaksinasi yang sudah disiapkan.

"Untuk jenis vaksin dosis ketiga atau penguat yang diberikan kepada kelompok lansia ini jenis Pfizer. Mari ikuti vaksinasi agar kita bisa mencegah COVID-19," ujar dia.

Untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di daerah itu, Pemkot Kendari mengimbau masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19 melalui 3M.

"Yang terpenting adalah memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan, yang terpenting lakukan pola hidup bersih dan sehat," kata Rahminingrum.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024