Kendari (ANTARA) - Otoritas Bandara Haluoleo Kendari menyatakan penumpang pesawat di bandar udara tersebut mengalami penurunan menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022 jika di banding tahun sebelumnya.

"Penumpang Bandara Haluoleo alami penurunan sekitar 5 persen jika dibanding tahun 2020 kemarin, tapi kalau kargo malah naik," kata Kepala Bandara Haluoleo Kendari Benyamin Apituley saat diwawancara melalui telepon, Kamis.

Melihat kondisi penumpang di tahun 2021 secara umum mengalami penaikan, namun jika dibanding jumlah penumpang pesawat pada tahun 2020 lalu mengalami penurunan.

Meski begitu, dia tidak merinci jumlah penumpang tahun 2020 dan tahun 2021 khususnya jelang Natal dan tahun baru 2022.

"Sebenarnya penumpang naik, tapi jika dibandingkan tahun 2020 kemarin menurun 5 persen, bukan karena turun sekarang, itu tidak," kata Benyamin menegaskan.

Puncak arus penumpang terjadi sejak 18 Desember 2021 lalu, namun dia mengaku pihaknya terus memantau pergerakan penumpang di bandara tersebut.

"Sebenarnya tanggal 18 Desember itu sudah puncaknya. Kita pantau terus pergerakan penumpang setiap hari, hanya memang kalau dilihat beberapa hari ini tanggal 18 Desember 2021 ini yang paling tinggi (jumlah penumpang)," ujar dia.

Selama momen Natal dan tahun baru, otoritas Bandar Udara Haluoleo membuka posko pengamanan sejak tanggal 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

"Posko ini untuk membantu penumpang apabila ada hal-hal yang dibutuhkan, sebagai layanan. Dengan adanya posko itu diharapkan dapat berjalan dengan baik," tutur dia.

Selain itu, dia menjelaskan ketentuan bagi penumpang pesawat yang hendak melakukan perjalanan udara via Bandara Haluoleo selama masa pandemi COVID-19 cukup telah melakukan vaksinasi hingga dosis kedua serta menjalani uji usap antigen.

"Untuk maskapai penerbangan sendiri masih normal seperti hari-hari sebelumnya. Untuk flight tidak ada penambahan, masih normal," kata Benyamin.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024