Kendari (ANTARA) - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berharap agar cakupan vaksinasi di daerah ini bisa mencapai 75 persen hingga akhir Desember 2021 sehingga dapat terbentuk kekebalan komunal dari pandemi COVID-19.

"Saya berharap sebelum tutup tahun 2021 ini cakupan vaksinasi di Kota Kendari bisa mencapai 75 persen," katanya di sela-sela menghadiri kegiatan penyerahan rebrending kepada UMKM dan Sertifikat BNSP kepada mentor UMKM di Kendari, Selasa.

Wali Kota menuturkan, dirinya mendapat informasi jika saat ini cakupan vaksinasi sudah mencapai 72 persen dari target sasaran, sehingga untuk mencapai 75 persen di akhir tahun ini, dia menggugah kesadaran masyarakat agar mau mengikuti dan menyukseskan program nasional itu.

"Vaksinasi kita alhamdulillah pagi ini sudah mencapai 72 persen, mudah-mudahan ini semakin meningkat," ujar Sulkarnain.

Dia meyakini dengan mengikuti vaksinasi hingga dosis lengkap, maka seseorang akan meminim risiko terinfeksi COVID-19, kendati demikian jika tertular efeknya tidak akan separah orang yang belum melakukan vaksinasi.

Selain menyukseskan vaksinasi, Sulkarnain juga mengingatkan hal penting yang harus menjadi perhatian, yaitu terus disiplin menerapkan protokol kesehatan utamanya memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, karena pandemi belum benar-benar berakhir.

"Sekali lagi saya sampaikan kuncinya ada di kita. Disiplin protokol kesehatan dan mau ikut vaksinasi supaya kalaupun terpapar itu efeknya tidak mengkhawatirkan. Supaya kita semakin confidence untuk memastikan masyarakat Kota Kendari terlindungi dari penularan COVID-19 dan variannya," kata Sulkarnain Kadir.

Sulakanain juga mengajak seluruh masyarakat di kota ini agar memiliki kesadaran yang tinggi bersama-sama menjaga situasi saat ini yang mulai kondusif dari penyebaran COVID-19 demi menyongsong tahun 2022 yang lebih baik lagi.

"Saya berharap seluruh masyarakat Kota Kendari, mari kita bangun daerah ini, kita jaga persatuan, kita jaga kondusivitas daerah ini, karena dengan itulah kita punya modal untuk nanti melakukan banyak hal mulai pembangunan fisik, pembangunan ekonomi dan seterusnya," demikian Wali Kota.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024