Kendari (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari atau Basarnas Kendari, Sulawesi Tenggara menggelar apel pembukaan siaga SAR khusus menyambut Natal dan Tahun Baru 2022 di pelataran KPP Kendari.

Siaran pers Basarnas Kendari yang diterima Jumat menjelaskan bahwa kegiatan siaga SAR khusus berlangsung 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

Apel digelar dalam rangka kesiapsiagaan Basarnas mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam masa pandemi COVID-19.

Adapun tujuan dari pelaksanaan siaga SAR khusus adalah terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (quick response SAR)

Apel pembukaan siaga SAR khusus dipimpin Kepala KKP Kendari Aris Sofingi dan diikuti oleh seluruh personil Basarnas Kendari.

Dalam sambutan Kepala Basarnas RI yang dibacakan oleh Kepala KPP Kendari menekankan kepada para petugas siaga SAR khusus agar menjaga sikap yang sopan dan santun baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun melaksanakan misi penyelamatan di lapangan.

"Ikuti prosedur yang ada, tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional dengan mengingat bahwa tugas ini adalah tugas mulia," tulisnya.

Jumlah personil yg melaksanakan siaga SAR khusus ini sebanyak 126 orang dengan rincian penanggung jawab 1 orang, koordinator siaga 4 orang, rescuer KPP Kendari 33 orang, petugas komunikasi 5 orang, ABK KN SAR Pacitan 13 orang.

Kemudian, ABK RB 210 7 orang, ABK RB 307 6 orang,tenaga pendukung ABK 19 orang, Pos SAR Kolaka 6 orang, pos SAR Baubau 6 orang, pos SAR Wakatobi 10 orang, unit Siaga SAR Konut 4 orang, unit siaga SAR Luwu Timur 4 orang dan unit Siaga SAR Muna 5 orang.

Beberapa titik lokasi yang menjadi tempat pemantauan seperti Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Wanci, Pelabuhan Wawonii, Pelabuhan Torobulu.

Kemudian, Pelabuhan Murhum Bau Bau, Pelabuhan Raha, Pelabuhan Penyebrangan Kolaka - Bajoe, Bandara Haluoleo, Bandara Betoambari, Bandara Matahora serta beberapa titik wisata di daerah Kendari, Kolaka, Baubau, Wakatobi. Luwu Timur, Konawe Utara dan Muna.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024