Kendari (ANTARA) - Tiga Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sepakat bersatu menyaksikan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Daerah KNPI Sulawesi Tenggara.

Rilis di Kendari, Minggu, menyebutkan KNPI hasil musda menetapkan Alvin Akawijaya Putra sebagai Ketua KNPI Sultra 2021-2024.

Tiga orang DPP KNPI yang menghadiri pengukuhan pengurus DPD KNPI Sultra adalah Raden Andreas Nandiwardhana, Mustahuddin, dan Noer Fajrieansyah.

Hadir Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi bersama unsur Forkopimda, Kepala BIN Daerah, Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas, dan sejumlah kepala OPD lingkup pemerintah provinsi.

Dalam sambutannya, Gubernur menyampaikan selamat dan sukses kepada Ketua DPD KNPI Sultra Alvin Akawijaya Putra dan seluruh jajaran pengurusnya.

“Saya berharap, saudara ketua dan jajaran pengurus DPD KNPI Sultra dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan oleh organisasi dengan sebaik-baiknya dalam rangka mewujudkan visi dan misi KNPI di wilayah Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur.

Gubernur meminta KNPI Sultra berperan aktif dalam upaya melahirkan pemuda Sultra paripurna yang memiliki karakter tangguh, baik karakter moral maupun kinerja. Pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, disiplin, jujur, santun, bertanggung jawab, serta pemuda Sultra menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Terkait dengan tema pelantikan “Sinergitas Pemuda Sultra untuk Indonesia Maju”, Gubernur menyatakan tersirat adanya iktikad baik dengan kejernihan dan kedewasaan berpikir dalam membangun komitmen pemuda Sultra untuk mengambil peran lebih besar dalam menghadirkan kemajuan bangsa.

Tema tersebut dinilai sebagai wujud kepeloporan, visioner, solidaritas, dan kedalaman wawasan kebangsaan para pemuda/KNPI Sultra untuk menjaga citra dan merawat kemurnian arah dan tujuan KNPI.

“Saya menyeru kepada segenap pemuda KNPI Sultra, sebagai sesama anak bangsa mari bersinergi, saling melengkapi, dan saling mendukung demi kemajuan pemuda Sultra agar menjadi bagian penting dalam mewujudkan cita-cita mulia menuju Sultra pilar masa depan Indonesia Maju, Sejahtera, dan Berdaya Saing,” ujar Gubernur.

Khusus kepada Ketua DPD KNPI Sultra Alvin Akawijaya Putra dan jajaran pengurusnya, Gubernur berpesan agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan dengan jujur, ikhlas, tekun, dan ulet. Rangkul semua unsur pemuda Bumi Anoa Sulawesi Tenggara.

“Mintalah nasihat para pendahulu dan senior di KNPI Sultra yang telah memiliki banyak pengalaman dalam membangun dan membesarkan KNPI Sultra untuk menjadi bahan masukan dan modal berharga agar dapat meraih sukses memimpin dan menjadikan organisasi KNPI Sultra lebih baik lagi ke depan,” katanya.

Gubernur meminta jajaran KNPI Sultra membangun soliditas dan solidaritas dalam internal organisasi serta mendorong organisasi agar bersinergi dengan berbagai elemen.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024