Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah meluncurkan truk sampah tanpa bau yang disebut mobil "convector" sebagai bentuk terobosan baru penanganan sampah di kota ini.

"Mobil convector ini juga memiliki kapasitas jauh lebih besar dari mobil pengangkut sampah biasanya dan lebih efisien serta tidak menimbulkan bau," Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Kendari, Nismawati, Kamis.

Menurut Nismawati, kapasitas mobil convector itu bisa menampung sampah sekaligus hingga delapan kubik.

"Perbandingannya, satu mobil convector sama dengan muatan tiga truk sampah biasa," katanya.

Dijelaskan, mobil tersebut akan beroperasi selama 24 jam dengan dilengkapi GPS agar mudah dikontrol dan tidak difungsikan di luar tugasnya.

Nisnawati juga berharap dengan adanya tambahan mobil ini, masalah sampah di Kota Kendari ini bisa diatasi dan masyarakat  bersama-sama dalam menjaga kebersihan agar menjadi Kendari yang lebih layak huni sebagaimana yang dicita-citakan.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, pada (10/11) meluncurkan pengoperasian mobil truk tanpa bau itu, bersamaan dengan menyerahkan sembilan truk sampah lainnya kepada pihak pengelola sampah di Kota Kendari di bawa kendali Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kesembilan unit armada itu antara lain, dump truck tiga unit, armada roll lima unit dan truck canvector satu unit.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024