Kendari (ANTARA) - Personel Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara beserta Bhayangkari melakukan kegiatan bakti sosial berbagi sembako kepada warga di sejumlah titik di wilayah Desa Telutu Jaya, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawa Selatan (Konsel).

Wadanden Gegana Sat Brimobda Sultra AKP I Gusti Komang Sulastra di Kendari, Senin, mengatakan kegiatan pembagian sembako, masker dan membersihkan monumen di daerah Kecamatan Tinanggea untuk membantu masyarakat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Brimob.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial yang kami adakan secara berkelanjutan dalam rangka peringatan HUT Brimob Polri ke-76 yang jatuh pada tanggal 14 November bulan ini," kata dia.

Bantuan sembako yang diberikan berupa beras, minyak, kecap, saus dan ikan kaleng. Selain melaksanakan pembagian sembako, personel Sat Brimobda Sultra bersama Bhayangkari juga turut membagikan masker kepada masyarakat dan pengguna jalan di sekitar Kecamatan Tinanggea.

Ia berharap melalui kegiatan bakti sosial tersebut dapat saling bahu membahu membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi dan mata pencariannya akibat COVID-19.

"Kami juga selalu mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan COVID-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam melakukan kegiatan sehari-hari," ujar dia.

Selain itu, sebanyak 30 personel Brimobda Sultra lainnya melaksanakan kegiatan perawatan tugu perjuangan Korps Brimob Polri yang terletak lima titik yaitu di Kecamatan Rumbia, Kecamatan Poleang, Kecamatan Kabaena Barat di Kabupaten Bombana,  Kecamatan Mawasangka di Kabupaten Buton Tengah dan di Desa Aseminunulai Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara.

Personel Sat Brimobda Sultra juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat tidak mampu yang berada di sekitar tempat pelaksanaan kegiatan pembersihan dan pengecatan tugu bersama-sama dengan masyarakat setempat.

Provinsi Sultra merupakan daerah yang mempunyai histori erat dengan pasukan Korps Brimob atau yang kala itu disebut dengan Pasukan Mobrig (Mobile Brigade).

Dimana saat itu pasukan Mobrig melaksanakan operasi pengejaran pemberontak pimpinan Kahar Muzakkar yang malang melintang di jazirah bumi anoa saat itu.

Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Pol Adarma Sinaga mengatakan kegiatan perawatan tugu perjuangan Korps Brimob sebagai upaya dalam melestarikan sejarah perjuangan pasukan Brimob di Provinsi Sultra menjelang HUT Brimob Polri ke-76.

"Harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi momentum memperingati perjuangan para pahlawan yang secara bahu membahu bersama masyarakat turut menjaga kedaulatan NKRI dari pihak-pihak yang ingin mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat," demikian Adarma.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024