Buton Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, menggelar ekspose 4 tahun kepemimpinan Bupati La Ode Arusani sebagai refleksi terhadap seluruh capaian hasil pembangunan di daerah 'beradat' itu

Rangkaian ekspose 4 tahun dengan tema "beradat sebagai pemimpin, beradat dalam membangun" yang digelar di Lapangan Lakarada Kecamatan Batauga, Buton Selatan, Rabu, sejumlah kegiatan penyerahan bantuan melalui program masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terkait diserahkan langsung oleh Bupati Buton Selatan La Ode Arusani.

Adapun kegiatan penyerahan diantaranya dari Dinas Koperasi, UKM dan Perindustian Perdagangan, yakni penyerahan bantuan etalase dan mesin jahit masing-masing 6 unit, oven pengering sebanyak 3 unit, dan tenda jualan berjumlah 10 buah.

Sedangkan Dinas Pendidikan terdiri dari penyaluran berupa alat permainan anak taman kanak-kanak kepada 9 TK se-Kecamatan Batauga, dan bantuan laptop 4 unit untuk sekolah dasar se-kecamatan itu.

Kemudian, Dinas Kelautan dan Perikanan menyiapkan penyerahan kartu usaha pelaku usaha kelautan dan perikanan (KUSUKA) sebanyak 320 buah.
  Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani menyerahkan sejumlah sepeda motor kepada iman masjid dan kades didaerah itu pada rangkaian ekspose 4 tahun daerah itu, di Buton Selatan, Rabu (Antara/Yusran)

Selain itu, terdapat juga pemberian 21 unit sepeda motor kepada imam masjid se-Kecamatan Batauga, serta 5 unit sepeda motor kepada kades se-kecamatan tersebut.

Selanjutnya, penyerahan bantuan dana biaya makan dan minum sebesar Rp21 juta per baruga kepada 24 baruga, serta pemberian stunding banner untuk desa dan kelurahan se-kecamatan batauga.

Di samping itu juga, Bupati Buton Selatan mengukuhkan pengurus kelompok sadar wisata (Pokdarwis) beberapa kelurahan, dan penyerahan secara simbolis SK desa wisata..

Kegiatan ekspose Kabupaten Buton Selatan itu merupakan rangkuman capaian-capaian kerja dan kinerja yang telah pemerintah raih selama pelaksanaan empat tahun (2018-2021) pembangunan daerah itu.
 
Berbagai sektor pembangunan diantaranya sarana prasarana infrastruktur, perikanan, perhubungan, pertanian, sosial, pariwisata, sumber daya manusia hingga pengelolaan keuangan yang secara berturut-turut meraih opini wajar tanpa pengecualian atau WTP.

Capaian-capaian itu semua juga tidak terlepas dari kerja sama dan sinergitas semua elemen baik forkopimda dan semua pihak pemangku kepentingan yang secara bersama-sama dalam memajukan daerah itu.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024