Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengajak Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari bersinergi untuk mencerdaskan masyarakat melalui peningkatan minat baca.

"Pemerintah Kota Kendari akan berkomitmen dalam memberikan dukungan terhadap seluruh program dari GPMB Kota Kendari untuk mencerdaskan masyarakat Kota Kendari dengan mendorong minat baca sehingga kualitas literasi di tengah masyarakat dapat meningkat," kata Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir saat mengukuhkan kepengurusan GPMB Kota Kendari periode 2021-2025 di Aula SMP 9 Kendari di Kendari, Senin.

Ia mengajak GPMB Kendari senantiasa menggali berbagai gagasan yang bisa disinergikan dengan pemerintah dalam ikut mendukung pembangunan daerah melalui sektor peningkatan SDM.

"Mari lahirkan gagasan yang baik untuk kemudian dilaksanakan. Tidak perlu spektakuler, tapi konsisten dan sungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Kami dari pemkot akan memberikan akses sampai ke tingkat kelurahan dan RT/RW sehingga masyarakat terbiasa untuk membaca," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengingatkan seluruh hadirin agar senantiasa menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kita jangan lengah meskipun saat ini kasus COVID sedang melandai, kita harus terus menerapkan prokes dalam aktivitas sehari-hari," katanya.

Ketua GPMB Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain menyatakan bertekad untuk membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat untuk membaca serta menjadikannya sebagai budaya masyarakat di tengah perkembangan teknologi saat ini.

Ia berharap, setelah pengukuhan tersebut, semua program dapat segera dijalankan dengan baik sehingga tujuan GPMB menjadikan membaca sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari dapat segera terwujud.

“Mudah-mudahan GPMB Kota Kendari bisa hadir dengan program kerja yang benar dan bisa dirasakan efeknya untuk generasi yang akan datang, yaitu generasi sehat, cerdas, berkualitas, dan berbudaya literasi," pungkasnya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024