Kolaka (ANTARA) - Universitas sembilanbelas November Kolaka,Sulawesi Tenggara mulai melakukan seleksi bagi mahasiswa kampus itu untuk menerima beasiswa dari PT.Antam  Tbk semester ganjil tahun akademik 2021/2022.

Wakil Rektor I USN,Prof Ruslin melalui telepon selularnyam Senin,  menjelaskan program ini sebagai wujud kerja sama kampus dengan PT.Antam Tbk dalam meningkatkan dan memajukan pendidikan di Kabupaten Kolaka.

Menurut Ruslin bagi mahasiswa calaon penerima beasiswa semester ganjil PT.Antam harus memenuhi beberapa persyaratan yakni mahasiswa aktif minimal semester tiga dan maksimal semester tujuh.

" Selain itu mahasiswa calon penerima beasiswa harus memiliki indeks prestasi (IP) minimal 3.0 pada semester genap tahun akademik 2020/2021," katanya.

Ruslin juga menjelaskan bagi calon penerima beasiswa itu diutamakan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan yatim piatu berdomisili di wilayah operasi PT.Antam seperti Kecamatan Baula,Pomalaa,Wundulako dan Tanggetada.

Selain itu lanjut dia,calon peneruima beasiswa juga belum menikah dan tidak bersedia menikah selama menjadi penerima beasiswa serta tidak pernah menerima beasiswa dari pihak manapun.

" Mahasiswa juga tidak pernah melanggar norma kampus dan norma sosial masyarakat," ungkap Prof.Ruslin.

Sementara Eksternal Relation Manager PT.Antam Tbk,UBPN Sultra, Pamiluddin yang di konfirmasi secara terpisah menjelaskan program beasiswa bagi mahasiswa USN merupakan bagian dari wujud perhatian perusahaan terhadap dunia pendidikan.

Pihak Antam kata dia memberikan kuota  penerima beasiswa  sebanyak 100 mahasiswa yang melalui seleksi dan persyaratan dari pihak kampus, apabila ada yang selesai atau putus, maka harus diisi sehingga selalu mencapai angka 100 sepanjang kontrak berjalan. 

" Ibarat botol airnya selalu penuh, kalau kurang diisi lagi botolnya dan pihak Antam hanya menerima hasil seleksi dari kampus USN untuk penerima beasiswa," kata Pamiluddin menambahkan mengenai adanya keterlambatan pembayaran beasiswa kata Pamiluddin dikarenakan mungkin pengusulan dokumen pendukung yang terlambat.

Pamiluddin juga berharap dengan adanya bantuan beasiswa dari PT.Antam bisa membantu mahasiswa khususnya yang kurang mampu untuk bisa mendapatkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024