Kendari (ANTARA) - Korban kapal yang mengalami kebocoran dalam pelayaran di perairan Buton dari Pelabuhan Kota Bau Bau ke Tomia sebanyak delapan orang dinyatakan selamat.

Rilis Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kendari, Sabtu menyebutkan informasi kecelakàan kapal diterima Basarnas Kendari sekitar pukul 16:20 Wita  dari kantor Syahbandar Tomia.

Dilaporkan bahwa pada pukul 15.00 Wita telah terjadi kecelakaan pelayaran yakni 1 buah kapal KM. Sumber Baru GT 30 rute Baubau - Tomia mengalami kebocoran di sekitar karang Kapota dengan penumpang 8 orang.

Berdasarkan laporan tersebut pada pukul 16.40 wita Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan.

Jarak lokasi kejadian kecelakaan dengan pos SAR Wakatobi sekitar 17 NM.

Pada pukul 18.20 Wita tim SAR gabungan menemukan kapal KM Sumber Baru sekitar 4,94 NM arah Timur Laut dari perkiraan LKK bersama 8 orang penumpang kapal tersebut dalam keadaan selamat.

Selanjutnya seluruh korban dievakuasi menuju pelabuhan Wanci dan tiba dengan selamat pada pukul 20.50 Wita.

Adapun korban masing-masing Bardin (40), La Aso (46), La Dau (35), Sari (36), La Dana (48), La Fendi (27), Harubi (35) dan Uriti (60).

Kondisi cuaca hujan, kecepatan angin 2 - 25 knot dan tinggi gelombang 2 - 3 meter.

Unsur-unsur yang terlibat dalam pencarian korban kapal bocor adalah Rescuer Pos SAR Wakatobi 6 orang, Pos AL Wakatobi 1 orang dan Polair Wakatobi 1 orang.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024