Kendari (ANTARA) - Sebanyak tujuh kelompok tani di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendapat bantuan ternak berupa kambing dan ayam  untuk meningkatkan kesejahteraan petani setempat. 

"Bantuan ternak kambing peranakan etawa dan ayam lokal itu bersumber dari dana APBN (aspirasi-red) tahun 2021. Kita harapkan bantuan ternak tersebut dapat dikembangkan para kelompok tani di daerah itu," kata Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim, Hamdi, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, untuk bantuan kambing diberikan pada dua kelompok dengan masing-masing mendapat 25 ekor kambing peranakan etawa, sementara lima kelompok mendapat bantuan ternak ayam lokal, dan masing-masing kelompok memperoleh 1.000 ekor ayam lokal.

"Perlu kami tegaskan bahwa setelah mendapat bantuan ternak itu, harus benar-benar diternakkan supaya bisa berkembang dan memperoleh keuntungan yang memadai untuk kelompok dan tidak langsung dipotong setelah mendapat bantuan itu," ujaranya.

Hamdi mengatakan, selain kambing peranakan etawa dan ayam lokal, masih ada lagi bantuan lain yang akan diberikan kepada kelompok tani lainnya, di antaranya sapi potong. Namun bantuan tersebut masih dalam proses lelang sehingga dinas pertanian, tanaman pangan dan peternakan masih menunggu informasi dari PPK pengadaan.

"Yang pasti bahwa untuk bantuan sapi masing menunggu dari PPK nya, karena informasinya dalam proses lelang, dimungkinkan puluhan kelompok tani akan menerima bantuan ini,” tandas Hamdi.

Untuk diketahui, jumlah kelompok tani di kabupaten pecahan Kabupaten Kolaka itu diperkirakan lebih dari 100-an kelompok, yang terbagi dalam kelompok peternakan, kelompok petani penggarap sawah, kelompok tanaman perkebunan dan kelompok usaha bergerak pada bengkel, kuliner (warung makan) dan pedagang sembako.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024