Kendari (ANTARA) - Webometrics kembali merilis daftar perguruan tinggi keagamaan negeri (PTKN) terbaik di dunia edisi Juli 2021, dan menempatkan IAIN Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) urutan ke lima paling baik di Indonesia.

Untuk diketahui, Webometrics adalah pemeringkatan perguruan tinggi, bukan situs perguruan tinggi. Indikator yang digunakan adalah webometrik dan bibliometrik.

Rektor IAIN Kendari, Prof DR Faizah Binti Awad, Sabtu, mengaku senang dan mengapresiasi atas, pengakuan, prestasi dan capaian tersebut.

"Alhambulillah, peringkat Webometrics IAIN Kendari menduduki posisi lima di lingkungan PTKIN, tetapi secara nasional kita menduduki posisi ke-72. Ini semua terjadi berawal atas kesadaran dan dukungan semua civitas akademika dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berbasis web," kata Rektor.

Dikutip dari situs Kemenag, sebanyak delapan PTKN bahkan menempati 100 besar perguruan tinggi terbaik tanah air. Peringkat dalam Webometrics bisa menjadi info tambahan bagi siswa yang ingin melanjutkan studi.

Berikut daftar 10 perguruan tinggi keagamaan negeri terbaik di Indonesia Juli 2021

1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Berdasarkan Webometrics, UIN Sunan Gunung Djati merupakan PTKIN terbaik din Indonesia. Di negara ini, perguruan tinggi tersebut duduk di posisi ke-38.

Dalam peringkat Webometrics se-Indonesia, UIN Sunan Gunung Djati diapit oleh Universitas Mercu Buana d atasnya dan Universitas Mataram di bawahnya. Dalam skala dunia, ia ada di peringkat 3.919.

2. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berada di urutan ke-51 dalam peringkat Webometrics se-Indonesia. Sementara itu, di tingkat dunia ada di posisi ke-4.317.

Satu peringkat di atasnya, di urutan 50 ada Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dan pada satu posisi di bawahnya, ada Universitas Bengkulu.

3. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Tak jauh dari UIN Jakarta, ada Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung di peringkat ke-60 se-Indonesia. Berdasarkan urutan dunia, universitas ini ada di urutan ke-4.688.

Satu posisi di atas kampus ini adalah Universitas Tarumanagara (UNTAR). Kemudian, pada peringkat 61 di bawahnya adalah Politeknik Negeri Lhokseumawe.

4. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pada ranking keempat PTKIN terbaik se-Indonesia, ada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peringkat kampus ini dalam Webometrics juga tidak jauh dari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ada di peringkat ke-70 secara nasional. Sementara itu, pada skala dunia, perguruan tinggi ini ada di ranking 5.008.

5. Institut Agama Islam Negeri Kendari

IAIN Kendari ada di posisi terakhir lima besar PTKIN terbaik pada peringkat Webometrics terbaru. Dalam skala nasional, kampus ini hanya selisih dua peringkat dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

IAIN Kendari ada di ranking 72 se-Indonesia. Dan secara global, perguruan tinggi ini ada di peringkat ke-5.082.

6. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

IAIN Tulungagung juga hanya selisih dua peringkat dari IAIN Kendari. Dalam Webometrics Juli 2021, universitas ini menduduki urutan ke-74.

Ia diapit oleh Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Sanata Dharma Sleman. Sementara itu, IAIN Tulungagung ada di peringkat nomor 5.141 di seluruh dunia.

7. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

UIN Sunan Ampel Surabaya berada di ranking nomor 80. Lalu, secara global universitas ini ada di urutan ke-5.235.
Satu posisi di atas UIN Sunan Ampel Surabaya adalah Universitas Potensi Utama. Dan tepat di bawahnya, di peringkat 81 ada Akademi Telkom Jakarta.

8. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Satu lagi PTKIN asal Jawa Timur yang tak luput dari peringkat 10 besar ini. Dalam peringkat 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UIN Malik Ibrahim Malang ada di urutan nomor 99.

Menurut Webometrics edisi kali ini, kampus tersebut menduduki peringkat ke-5.881 di seluruh dunia. Sementara itu, satu posisi di atasnya adalah Universitas Muslim Indonesia Makassar.

9. Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Tak jauh dari 100 besar, IAIN Pontianak berada di peringkat ke-104 dalam peringkat Webometrics seluruh Indonesia. Pada skala global, institusi ini ada di urutan nomor 5.977.

Satu peringkat di atasnya, yakni urutan ke-103 adalah Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sementara, di bawahnya ada Universitas Dr. Soetomo, Surabaya.

10. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

UIN Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau merupakan penutup 10 PTKIN terbaik se-Indonesia. Tak jauh dari IAIN Pontianak, kampus ini ada di urutan nomor 107 pada peringkat Webometrics.
Kampus ini berada di tengah-tengah antara Politeknik Negeri Malang dan universitas Fajar. UIN Suska Riau menempati peringkat ke-6.045 di seluruh dunia.


 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024