Kendari (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara menggelar rapat kerja daerah (rakerda) untuk penguatan kader untuk menghadapi pemilihan umum 2024 mendatang.

Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas di Kendari, Selasa, mengatakan rapat kerja daerah itu mengacu kepada lima bentuk sukses di antaranya konsolidasi, penyusunan program kerja, sukses pileg, pilpres, dan pilkada serentak 2024 termasuk penguatan ideologi Pancasila.

"Alhamdulillah tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada di Sultra pada Pilkada 2020 menempatkan 5 bupati (tiga bupati dan dua wakil) sebagai kader PDIP Perjuangan yang telah menoreh prestasi yang luar biasa. Jadi harapan kita apa yang kita dapatkan di sukses Pilkada 2020 akan berlanjut dalam sukses pileg, pilpres, sampai pilkada serentak 2024," kata Lukman.

Rapat yang diikuti oleh pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di 17 kabupaten/kota tersebut menargetkan untuk meraih kemenangan 30 persen pada pemilihan legislatif 2024.

Lukman Abunawas mengintsruksikan kader dan pengurus untuk melakukan penguatan mulai dari tingkat DPD, DPC, PAC, hingga anak ranting untuk mempersatukan visi-misi dan program ke depannya.

"Sebab, semangat persatuan antara DPP, DPD, DPC, maupun PAC dan anak ranting, sebagai basis kita untuk meraih suksesnya kemenangan di tiap pemilu maupun pemilihan. Meskipun PDIP sebagai partai pemenang sering diterpa isu-isu negatif," ujar Wakil Gubernur Sultra itu.

Lukman mengatakan, PDIP di Sultra setidaknya memiliki 10 orang kader yang menduduki jabatan pemerintahan sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah, 63 di antaranya anggota legislatif di DPRD Kabupaten/Kota, dan 5 orang anggota DPRD Sultra.

"Di 2024, DPRD kabupaten/kota itu kita target menang sampai 30 persen atau 85 orang yang akan kita porsikan. DPRD provinsi pun kita bertekat meraih 7 sampai 8 kursi dan di DPR RI kita berupaya agar menjadi 2 kursi," pungkasnya.

   

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024