Kendari (ANTARA) - Persatuan Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia atau Indonesian National Shipowners Association (INSA) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara terbentuk.

Terpilih secara aklamasi sebagai ketua dalam forum Rapat Anggota Cabang (RAT) yang diikuti 16  peserta adalah H. Sapril MS di Kendari, Rabu.

Perusahaan pelayaran niaga yang menghadiri RAC tercatat 25 namun tidak beberapa di antaranya berstatus peninjau.

Wali Kota Kendari Zulkarnain K dalam sambutan pembukaan mengapresiasi rapat pembentukan INSA Kendari yang kelak menjadi lokomotif pendorong perekonomian daerah setempat.

"Jasa angkutan transportasi laut baik penumpang maupun barang masih menjadi favorit masyarakat. Kehadiran INSA di Kendari patut diapresiasi," kata Walikota Zulkarnain.

Oleh karena itu, pemerintah berharap INSA sebagai wadah berhimpunnya para pelaku usaha jasa transportasi  bersinergi secara  aktif  menjalankan perannya sebagai sektor pelayanan jasa publik.
  Walikota Kendari Sulkarnain K membuka Rapat Anggota pembentukan INSA Cabang Kendari (Foto: ANTARA/sarjono)

Sapril mengharapkan kehadiran INSA di Kendari menjadi mitra pemerintah daerah dalam mendorong pembangunan ekonomi menuju terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pendapatan daerah.

"Sesuai fungsinya INSA menjadi sarana komunikasi dan kerjasama antara Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional Indonesia dengan pemerintah, organisasi usaha lainnya serta lembaga masyarakat lainnya," kata Sapril.

Pelaku usaha pelayaran niaga Nini Rianti mengapresiasi terbentuknya INSA Kota Kendari sebagai sarana untuk mendorong peningkatan usaha para  anggotanya.

"Saya ini anak daerah pemilik usaha pelayaran yang berkomitmen memberikan kontribusi konkrit untuk daerah dan bangsa," kata Nini Rianti, Direktur PT Gama Lintas Mandiri.

Kapten Gazali mengajak para pelaku usaha pelayaran niaga yang ada di daerah ini kompak menjalankan fungsi INSA sebagai  mitra para pemangku kepentingan lainnya.

"Eksistensi INSA di masa mendatang berada di pundak anggotanya. INSA berkewajiban mengayomi anggotanya dan sebaliknya pengusaha pelayaranan anggota INSA patut menyadari kewajibannya," kata Gazali.






Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024