Buton Selatan (ANTARA) - Sekretaris daerah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, La Siambo mengatakan, kegiatan ekspos pembangunan dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-7 daerah itu yang jatuh pada 24 Juli 2021 akan dilaksanakan secara virtual karena pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan, pelaksanaan secara virtual itu setelah melalui rapat yang juga dihadiri pihak kepolisian guna menghindari kerumunan massa ditengah pandemi yang saat ini masih melanda.

"Yang jelas kegiatan tidak akan mungkin ada, karena kalau ada kegiatan pasti akan ada tamu, ada masyarakat . Jadi Pak Bupati putuskan secara virtual saja,"ujar Sekda La Siambo, di Batauga, Selasa.

Ekspos pembangunan dalam bentuk penyampaian pidato Bupati La Ode Arusani yang dipusatkan di gedung wisata di Batauga ibu kota Buton Selatan itu akan diikuti secara virtual di masing-masing kecamatan dengan juga tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pembatasan peserta. 

Ia mengatakan, ekspos tentang pembangunan fisik dan non-fisik yang telah dicapai atau dilaksanakan bupati Arusani selama menjabat, baik sebagai wakil bupati dan menjadi bupati Buton Selatan saat ini.

"Kan ini harus meminta tanggapan dari masyarakat apakah selama ini pembangunan yang dilaksanakan sesuai RPJMD atau tidak. Atau mungkin hal-hal yang sampai hari ini ada yang sudah dibangun atau belum. Nah inilah masukan selama kurang lebih satu tahun ini bupati akan memperbaki. Jadi begitu maksud ekspos ini," katanya.

Mengenai peserta ekspos dikecamatan nanti, kata dia, selain akan dihadiri camat, kepala desa, BPD dan tokoh masyarakat setempat, juga akan diisi pejabat daerah itu yang berasal dari kecamatan itu.

"Tapi tetap dibatasi. Misalnya kalau biasanya 100 orang, maka sisa 50 orang yang akan diundang," jelas Sekda, dengan menambahkan pelaksanaan ekspos digelar malam hari bersamaan Hut Buton Selatan.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024