Kendari (ANTARA) - DPRD Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta pemerintah kota setempat berani memberi kemudahan dan membuka peluang selebar-lebarnya kepada  investor, baik berskala makro maupun mikro, yang hendak berinvestasi di daerah itu.

"Memang kita tidak mendapatkan secara langsung dari investasi itu misalnya dalam pengurusan izin. Tapi jika perusahaan itu sudah membuka usaha pasti akan berefek positif, misalnya pertumbuhan ekonomi akan jalan dan penyerapan tenaga kerja," kata Anggota DPRD Baubau, La Ode Yasin Mazadu, melalui pesan WhatsApp yang diterima di Kendari, Jumat.

Oleh karena itu, kata dia, kehadiran investor akan memberi dampak positif bagi peningkatan perekonomian daerah secara umum di tengah pandemi COVID-19.

Untuk itu, katanya, investor harus diberi kemudahan, salah satunya dalam proses perizinan.

Menurut politikus Partai Hanura itu, peran dunia usaha penting bagi kemajuan daerah.

Sebab, katanya, dalam membangun suatu daerah dibutuhkan tiga komponen penting, yaitu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Tiga pilar tersebut harus bergerak bersama bila suatu daerah mau maju lebih cepat.

"Jadi kapan salah satu pilarnya tidak bergerak maka akan timpang. Jadi kita harus berani memberi kemudahan bagi investor," kata anggota DPRD Baubau empat periode ini.

Yasin juga meyakinkan investor tidak perlu ragu berinvestasi di Baubau karena daerah eks-pusat Kesultanan Buton ini memiliki banyak potensi, baik itu sumber daya alam, sumber daya manusia, hingga sumber daya nilai yang begitu tinggi.

Apalagi, kata dia, Kota Baubau memiliki peran strategis sebagai daerah penyuplai untuk beberapa daerah sekitarnya sehingga peluang meningkatkan investasi itu sangat besar.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024