Kendari (ANTARA) - Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulkarnain Kadir mendorong pemuda karang taruna di kota itu agar bisa menjadi pemuda yang lebih produktif dalam menyambut bonus demografi Indonesia.

"Generasi muda menjadi modal besar buat suatu daerah untuk maju tumbuh dan berkembang. Kalau generasi mudanya punya semangat, tekad dan keinginan yang kuat untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat melakukan hal-hal yang positif berkontribusi bagi lingkungannya, saya yakin daerah itu akan memiliki masa depan yang baik," kata Sulkanrnain saat pengukuhan Pengurus Karang Taruna Lembah Hijau masa bakti 2021-2026 di Kendari, Senin.

Ia menyampaikan berdasarkan informasi di tahun 2040-2045 ketika Indonesia memasuki usia 100 tahun diperkirakan jumlah penduduk produktif akan mencapai angka 60 persen yang artinya usia produktif, usia muda umur 15-40 tahun akan mendominasi komposisi penduduk di Indonesia.

"Ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi kita semua. Kalau 60 persen itu usia produktif mampu menunjukkan kapasitas dan kualitasnya maka kita Insya Allah saya menyakini bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara maju dan berpengaruh di dunia," tutur Sulkarnain.

Namun, menurut dia, jika di usia produktif itu para generasi muda tidak mengembangkan potensinya sebagai orang-orang yang produktif, maka hal tersebut bisa berbalik menjadi bencana.

"Kalau yang 60 persen tadi tidak bisa mengembangkan potensinya, tidak mampu menunjukkan kapasitasnya sebagai orang-orang yang produktif, maka ini bisa menjadi bencana buat kita kenapa karena akan menjadi beban. Pilihannya mau menjadi anak muda yang produktif yang berhasil, berkarya, punya prestasi atau mau menjadi beban negara," ujar Sulkarnain.

Ia berharap seluruh Karang Taruna Lembah Hijau yang baru saja dikukuhkan di Kelurahan Tobimeita, Kecamatan Nambo, bisa memberi contoh kepada pemuda-pemuda lainnya di kota tersebut.

"Jadilah generasi muda yang mempunyai mental baja, tidak menyerah dengan keadaan, tidak menyerah dengan tantangan. Banyak generasi muda yang sukses berhasil dan menunjukkan kapasitasnya sebagai generasi muda yang bisa dindalkan. Dan saya berharap hari ini yang bergabung dalam Karang Taruna Lembah Hijau bisa membuktikan itu," kata Sulkarnain.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024