Kendari (ANTARA) - Dinas Cipta Karya, Bina Marga dan Tata Ruang Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan anggaran konstruksi pembangunan perpustakaan modern bertaraf internasional pada kontrak tahap pertama dan kedua di provinsi itu mencapai Rp100 miliar.

"Anggaran pembangunan konstruksi perpustakaan baik tahap pertama dan tahap kedua mencapai Rp100 miliar bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD)," kata Kepala Dinas (Kadis) Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang Sultra Pahri Yamsul di Kendari, Ahad.

Ia menyampaikan saat ini pengerjaan struktur konstruksi gedung tujuh lantai tersebut telah rampung dikerjakan dan kini masuk pada tahap landscaping, pemasangan elektrikal, chiller, water pumps, lighting untuk taman, serta pembangunan pagar.

"Progres pembangunan konstruksi kontrak tahap dua sudah 100 persen," ujar Pahri.

Gedung perpustakaan bertaraf internasional yang dibangun di Jalan Sao-Sao, Kecamatan Kadia, Kota Kendari ini ditarget akan diserahkan ke pihak Dinas Perpustakaan pada Juni 2021 mendatang.

"Target teknisnya pada Juni 2021 nanti kita sudah akan serahkan ke Dinas Perpustakaan, semoga tidak ada lagi kendala," ujar Pahri.

Konsep pembangunan perpustakaan tersebut berbentuk bulat dan modern karena mengikuti zaman dan mengadopsi semua kekayaan ilmu pengetahuan yang ada di bumi yang tidak berujung.

Perpustakaan bertaraf internasional tersebut tidak hanya menjadi pusat baca bagi masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya para pelajar, namun juga bisa menjadi wisata edukasi.

"Konsep wisata edukasi dipilih dalam meningkatkan minat baca masyarakat maupun pelajar untuk mengunjungi perpustakaan," tutur dia.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi berharap hadirnya perpustakaan bertaraf internasional di provinsi itu dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

"Ini (perpustakaan) diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kegemaran minat baca masyarakat, bukan hanya layanan tetapi juga koleksi dan bahan bacaan berbasis digital serta misi dan pelayanan," kata Ali Mazi.

Untuk diketahui, pembangunan perpustakaan modern tersebut merupakan satu dari tiga megaproyek yang tengah dibangun pasangan Gubernur Sultra Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN), periode 2018-20223, yakni pembangunan Jalan Pariwisata Kendari-Toronipa, pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah bertaraf Internasional serta pembangunan Perpustakaan modern yang juga bertaraf internasional.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024