Kendari (ANTARA) - KONI Provinsi Sulawesi Tenggara menjadwalkan  pelaksanaan  pemusatan latihan daerah (pelatda) guna mematangkan atlet menghadapi PON XX Papua dimulai  Maret 2021.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sultra Isnain Kimi di Kendari, Selasa mengatakan KONI bersama pengurus cabang olahraga pemegang tiket PON sudah menetapkan atlet yang akan menjalani
Pelatda.

"KONI Sultra dibawa kepemimpinan Agista Aryani berkomitmen menelorkan atlet berprestasi taraf nasional dan internasional melalui pembinaan berkelanjutan," kata Isnain.

Pandemi virus Corona menjadi tantangan berat para penggiat olahraga karena selamat dari ancaman virus mematikan tetapi di sisi lain dituntut mengukir prestasi.

Sehingga wajar jika pengurus cabang olahraga, atlet dan pelatih mengharapkan KONI Sultra merealisasikan Pelatda terpusat di awal 2021.

Sekretaris Sepak takraw Sultra Heriansyah mengatakan capaian prestasi terbaik PON XX yang diagendakan  September 2021 diukur dari kesiapan para atlet melalui pelatda terpusat.

"Saat ini masih dalam tantangan pandemi virus Corona tetapi persiapan para atlet dan pelatih menghadapi PON XX Papua juga harus menjadi catatan penting," kata Heri.

KONI Sultra merencanakan pengadaan peralatan setiap cabang olahraga untuk menunjang penyelenggaraan latihan melalui APBD 2021.

"Persaingan pengumpulan medali PON XX Papua diprediksi berjalan ketat karena setiap daerah menggodok  atlet meskipun dirundung masalah virus Corona," ujarnya.

Data KONI Sultra menyebutkan 11 cabang olahraga telah mengantongi tiket PON XX 2021 di Papua.

11 cabang olahraga yang telah mengantongi tiket PON adalah sofball, bulu tangkis, karate, pencak silat, taekwondo, atletik, road race (balap motor), sepak takraw.  menembak dan renang.

Sultra yang menempati peringkat 24 pada PON XIX 2016 di Jawa Barat bertekad memperbaiki peringkat pada PON XX Papua.

Pengurus Provinsi Persatuan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Ashar mengatakan peluang para atlet menembak  mendulang medali emas, perak dan perunggu pada ajang  PON XX/2021  Papua terbuka lebar.

Meskipun ia mengakui persaingan perebutan medali di arena  PON akan berjalan ketat karena para atlet yang berlaga adalah atlet-atlet terbaik dari daerah seluruh Indonesia.



Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024