Kendari (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari menggelar apel siaga SAR khusus Natal 2020 dan tahun baru 2021 yang diikuti seluruh personil.

Kepala Kantor Basarnas Kendari Aris Sofingi di Kendari, Kamis mengatakan kegiatan siaga SAR khusus berlangsung mulai tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Tujuan pelaksanaan Siaga SAR khusus Natal 2020 dan tahun baru 2021 untuk mewujudkan pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan.

"Kehadiran Basarnas untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan mendukung kebijakan pemerintah. Penerapan protokol kesehatan COVID-19 atas kerjasama dengan kementrian / lembaga terkait demi keselamatan dan keamanan," kata Aris.

Aris Sofingi menyampaikan beberapa hal, yakni menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR dimana dan kapanpun.

Personil siaga SAR khusus Natal 2020 dan tahun baru 2021 untuk menjaga sinergitas antar pelayan masyarakat baik TNI/Polri dan seluruh potensi SAR dan menjaga kekompakan di lokasi kecelakaan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Seluruh personil siaga SAR khusus Natal dan tahun baru harus mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas karena tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi cukup berat.

Ia juga tidak henti-hentinya mengingatkan agar senantiasa menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dengan mematuhi dan menerapkan perilaku untuk selalu 3M di masa pandemi COVID-19. Basarnas Kendari siagakan sarana penunjang operasi perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Foto: ANTARA/sarjono-humas Basarnas)

Basarnas Kendari mempersiapkan personil sebanyak 114 orang dalam pelaksanaan siaga Natal dan tahun baru untuk ditugaskan di beberapa wilayah kerja seperti di Baubau, Wanci, Kolaka, Sorowako, Konawe Utara dan Kendari.

Adapun sasaran adalah pelabuhan, terminal, bandara dan beberapa titik tempat wisata yang diperkirakan padat pengunjung menjelang dan menutup tahun baru.

Disamping 114 personil di atas, peralatan pendukung laut seperti 3 buah kapal yg terdiri dari KN SAR Pacitan, RB 210 dan RB 307 serta 4 buah RIB beserta peralatan pertolongan di air dan kendaraan darat dan peralatan pendukung keselamatan lainnya.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024