Kendari (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, didampingi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kecamatan Mandonga, Selasa.

"Penyerahan KIA ini dimaksudkan sebagai bentuk perhatian kami kepada anak-anak di Kota Kendari, dengan memberikan pelayanan yang membahagiakan untuk melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak," kata Sri Lestari.

Dijelaskan, Kartu Identitas Anak (KIA) sendiri merupakan bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk orang dewasa pada umumnya.

"Bahkan, manfaat KIA juga berguna untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi," katanya.

Selain itu kata dia, manfaat KIA juga untuk mencegah terjadinya perdagangan terhadap anak, karena Kartu tersebut dapat menjadi bukti identitas diri ketika seorang anak mengalami suatu peristiwa.

KIA tersebut katanya, sangat penting bagi anak, terutama untuk perlindungan tanda pengenal anak, untuk memberikan kemudahan jika ingin melakukan sesuatu seperti perjalanan keluar kota.

"Serta mampu mengoptimalkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik warga negara yang disertai perlindungan dan pemenuhan hak bagi warga negara," katanya.

Selain menyerahkan KIA, kunjungan Ketua TP PKK Kendari tersebut demi memastikan terlaksananya program kerja Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Kendari di Kecamatan Puuwatu dan Mandonga. 
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024