Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara meluncurkan program "Go Green Madrasah" guna mendukung gerakan hijaukan sekolah yang ada pada sekolah atau madrasah naungan Kemenag RI di Sultra.

"Dengan peluncuran 'Go Green Madrasah' ini, Insya Allah ke depan wajah madrasah berubah lebih smart, asri, hijau, tempat rekreasi untuk belajar, makin bermutu melalui program ini," kata Kepala Kanwil Kemenag Sultra Fesal Musaad di Kendari, Rabu.



Ia mengatakan "Go Green Madrasah" merupakan gerakan menghijaukan madrasah (GERAMM) agar menjadi ASRI, indah, nyaman, menjadi tempat rekreasi agar pembelajaran yang menyenangkan dapat terwujud.

"Saya minta kepala madrasah untuk fokus dengan gerakan ini. Kepala madrasah akan diberikan penghargaan bila berhasil menata lingkungan madrasah menjadi asri, tempat rekreasi untuk belajar," katanya.

Dijelaskan, "Go Green Madrasah" adalah wujud dari ukhuwah islamiyah, persaudaraan dengan alam ciptaan Tuhan, mencintai lingkungan hidup, bersahabat dengan alam.

"Untuk itu, kepala madrasah dan guru tak boleh kehilangan semangat, tingkatkan terus kualitas personel dan potensi diri. Bila guru kehilangan semangat, madrasah akan tergilas oleh zaman dan waktu atau yang disebut kecelakaan sejarah," katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh mengapresiasi program yang digagas Kemenag Sultra tersebut, merupakan sebuah konsep yang mengajak warga madrasah untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan melestarikannya.

"Yang kita harapkan, tidak hanya hijau terhadap lingkungan kita tapi juga hijaunya kapasitas kompetensi yang kita miliki, semua warga madrasah dimana pun berada, baik di kota-kota maupun yang ada di pelosok," katanya.



Kegiatan ini dirangkaikan penanaman pohon di kawasan MAN 1 Kendari yang dihadiri Ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh, Asisten III Setda Sultra La Ode Mustari, Asisten I Setda Kota Kendari Agus Salim Safarulah, Kepala Kemenag kabupaten kota, kepala madrasah kabupaten kota se-Sultra.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024