Wanggudu (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Konawe Utara menggelar  Workshop Pengembangan Potensi petugas lapangan keluarga berencana (PLKB), PPKBD, Sub PPKBD, PIK Remaja dan mitra kerja.

Kegiatan yang merupakan upaya peningkatan pelayanan KB untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas di Masa Pandemi COVID-19 tersebut dilaksanakan di aula Dinas PPKB Konawe Utara Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Wanggudu, Selasa (17/11).

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan 4 Pejabat Eselon III yang sebagiannya merangkap sebagai Analis Kebijakan Ahli Madya Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara untuk memberikan materi secara bergiliran.

Materi pertama tentang Kependudukan dan Pengendalian Penduduk Sebagai Garapan BKKBN disajikan oleh Kepala Bidang Kependudukan DR. H. Mustakim, M.Si

Dalam penyajiannya, Mustakim yang pernah menjabat Plt Direktur Perencanaan Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat, menguraikan bahwa ada 4 pendekatan yang dilakukan BKKBN dalam rangka pengendalian penduduk ini yakni pendekatan Kebijakan, Perencanaan, Pendidikan dan Dampak Kependudukan.

"BKKBN berharap setiap pemerintah daerah dapat merancang kebijakan pembangunannya dengan pendekatan wawasan kependudukan. Maka setiap Pemerintah Kabupaten/Kota wajib memiliki Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK)," kata Mustakim.

Baca juga: BKKBN Sultra Komitmen Wujudkan Zona Bebas Korupsi

Pada tataran perencanaan kata dia, BKKBN juga berharap setiap RPJMD Kabupaten/Kota memuat beberapa parameter kependudukan yang sesuai dengan situasi dan kondisi kependudukan setempat.

"Misalnya jika di kabupaten tersebut TFR-nya masih rendah maka RPJMD-nya perlu memuat upaya penurunan TFR dan sebagainya," katanya.

Pemateri kedua, dr. Fitriyani Abu Kasim selaku Kabid KB lebih banyak menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan KB di lapangan.

Sedangkan Hj. Min Rahmatin, yang merupakan Plt Koordinator Bidang KSPK, memerikan materi yang berkaitan dengan Pembangunan Keluarga, adapun Koordinator Bidang ADPIN, H. Agus Salim, menyajikan materi tentang Pencatatan dan pelaporan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten III Kabupaten Kolaka Utara Drs. La Ondjo, M.Si mewakili Pj. Bupati Konawe Utara yang berhalangan hadir karena masih ada kegiatan di Kecamatan Langgikima.

Dalam mengawali sambutannya, La Ondjo mengirimkan doa untuk kesembuhan Kepala Dinas PPKB Drs.H.M. Kasim Pagala yang masih terbaring sakit yang diamini oleh semua peserta dan tamu undangan yang hadir.

Peserta yang hadir dalam kegiatan itu sekitar 100 peserta yang terdiri dari para PLKB, PPKBD, Sub PPKBD, PIK Remaja dan Mitra Kerja lainnya.

Baca juga: Cegah "stunting:, BKKBN Sultra ingatkan jaga keseimbangan gizi balita
 


Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024