Kolaka (ANTARA) - Bendungan Wundulako yang terletak di desa Tikonu Kabupaten Kolaka, Sultra, menjadi salah satu lokasi wisata alternatif warga sekitar.

Yuyun salah satu warga Kota Kolaka, Minggu,  memilih berwisata di bendungan sungai Tikonu karena akses jalan yang mudah dijangkau serta dekat dengan suasana pedesaan.

" Memang banyak tempat wisata yang letaknya sangat dekat dengan kota namun bendungan tikonu juga menjadi salah satu lokasi wisata yang menarik," katanya.

Sementara Sabaruddin salah satu warga Tikonu menjelaskan objek wisata bendungan ini sering ramai dikunjungi warga dari luar Kecamatan Wundulako karena akses yang mudah di jangkau.

Apalagi kata dia di saat hari libur bendungan Tikonu ini ramai dikunjungi oleh warga di luar desa Tikonu bahkan lokasi hutan sering dijadikan arena touring bagi pencinta motor cross karena arena yang menantang adrenalin.

" Dikawasan bendungan juga nampak hamparan pohon jati sehingga menambah pesona wisata bagi warga yang sering berpetualang," katanya.

Selain itu kata Sabaruddin didesa Tikonu juga ada lokasi wisata budaya yakni makam raja Sangia Ni Bandera yang letaknya tidak jauh dari Bendungan Wundulako yang kini menjadi lokasi wisata.

Dia juga mengingatkan kepada para wisatawan agar memperhatikan sampah sehingga kebersihan di area lokasi bendungan tetap terjaga kebersihannya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024