Kendari (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan bahwa Kota Kendari mengalami inflasi pada Agustus 2020 sebesar 0,21 persen disebabkan oleh naiknya indeks harga pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya yakni sebesar 2,74 persen.

Kepala BPS Sultra, Agnes Wiadiastuti mengatakan inflasi yang terjadi di Kota Kendari pada bulan Agustus 2020 tercatat sebesar 0,21 persen dengan indeks harga konsumen (IHK) 105,28.

"Inflasi yang terjadi di Kota Kendari disebabkan oleh naiknya indeks harga pada kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 2,74 persen; kelompok pendidikan 1,43 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya 0,39 persen; kelompok kesehatan 0,24 persen; kelompok perlengkapan,peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,23 persen; serta kelompok transportasi 0,08 persen," kata Agnes saat merilis perkembangan ikhlas Kota Kendari, secara virtual, Selasa.

Agnes mengungkapkan, kelompok yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,22 persen; kelompok makanan, minuman dan tembakau 0,21 persen; serta kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,05 persen.

  Data perkembangan inflasi Kota Kendari per Agustus 2020. (Sumber: BPS Sultra) (ANTARA/Harianto)


"Sedangkan kelompok pakaian dan alas kaki dan kelompok penyediaan makanan dan minuman atau restoran tidak mengalami perubahan atau relatif stabil," jelas Agnes.

Selain itu, Agnes menyampaikan bahwa komoditas yang memberikan sumbangan inflasi antara lain emas perhiasan, akademi/perguruan tinggi, jeruk nipis/limau, daun kelor, jagung muda/putren, bayam, cabai rawit, ikan cakalang/ikan sisik, pasta gigi, dan tissu.

"Komoditas yang memberikan sumbangan deflasi antara lain bawang putih, shampoo, ikan bandeng/bolu, laptop/notebook, ayam hidup, gula pasir, ikan layang/ikan beggol, ikan kembung/ikan gembung/ikan banyar/ikan gembolo/ikan
aso-aso, ikan teri, dan bawang merah," pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024