Kendari (ANTARA) - Keluarga Besar Pengurus Cabang Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri (FKPPI) Kota Kendari memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia dengan menancapkan bendera merah putih di pantai dan menanam mangrove.

Berdasarkan siaran pers FKPPI Kendari, diterima Senin malam, menyebutkan bahwa penancapan bendera merah putih dan aksi penanaman mangrove tersebut dilaksanakan di Pantai Pulau Kartika Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua FKPPI Kendari Syahrani mengatakan aksi tersebut selain untuk memperingati HUT ke-75 RI, juga sebagai bentuk perhatian anggota FKPPI tentang pentingnya menjaga lingkungan di sekitar pantai.

"Kami memilih lokasi ini sebagai tempat memperingati 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, selain untuk menumbuhkan semangat nilai-nilai perjuangan kemerdekaan para pejuang yang telah mendahului, juga kita bisa melakukan penanaman mangrove untuk menjaga pantai ini," kata Syahrani.

  FKPPI Kendari saat menancapkan bendera merah putih, sebelum menanam mangrove di Pantai Pulau Kartika Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). (ANTARA/HO/FKPPI Kendari)

Menurut Syahrani, penanaman bibit mangrove merupakan salah satu solusi mencegah terjadi abrasi pada pantai serta menjaga kembali pelestarian alam yang juga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Kegiatan ini untuk membangun sinergi anggota FKPPI serta penyadaran cinta lingkungan, dan keprihatinan terhadap kerusakan alam akibat ulah manusia yang tidak bertanggungjawab. Mangrove yang kami tanam ini sebanyak 1.000 pohon," ujarnya lagi.

Kegiatan itu juga dihadiri sejumlah pengurus PD FKPPI Sultra, masyarakat, dan terlihat bakal calon bupati dan wakil bupati Konsel Rusmin Abdul Gani dan Senawan Silondae serta beberapa unsur dari TNI/Polri di Konawe Selatan.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024