Kendari (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara menyampaikan pasien sembuh dari virus corona di daerah itu 477 orang dari total 787 kasus hingga 1 Agustus 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sultra dr La Ode Rabiul Awal di Kendari, Sabtu, mengatakan pada awal Agustus kasus sembuh dan konfirmasi positif masih terjadi di wilayah Sulawesi Tenggara.

"Hari ini ada penambahan lima kasus sembuh semua berasal dari Kota Kendari," kata dia.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara itu juga menyampaikan bahwa hari ini Sultra terjadi penambahan lima kasus baru sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 menjadi 787 orang.

"Rincian kasus baru masing-masing satu orang dari Kabupaten Kolaka Utara, Kolaka, dan Konawe Utara kemudian dua orang dari Kota Kendari," tutur Rabiul.

Dokter yang akrab disapa Dokter Wayong itu, juga menyampaikan kasus meninggal di Sulawesi Tenggara tidak ada penambahan yakni tetap 13 orang, sedangkan pasien yang tengah menjalani perawatan isolasi maupun karantina tetap 297 orang.

Ia mengimbau seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara selalu memproteksi diri dari virus corona dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menjaga jarak, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

"Kepada teman-teman gugus tugas provinsi maupun kabupaten/kota jangan lengah, tetap siaga karena wabah masih terjadi. Kita harus terus melakukan edukasi pencegahan secara masif dan deteksi sehingga wabah ini bisa kita kendalikan," katanya.

Sebaran kasus positif COVID-19 di Sultra hingga 1 Agustus 2020 di 17 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kolaka Utara 19 orang, Kolaka empat orang, Bombana satu orang, Muna Barat tiga orang, Kabupaten Muna 12 orang, Buton Tengah 12 orang, Kota Baubau 75 orang, Buton Selatan empat orang, Wakatobi tiga orang, Buton 82 orang, Kota Kendari 62 orang, Konawe Selatan lima orang, Konawe Utara dua orang dan Konawe 13 orang.

Dari 17 kabupaten/kota se-Sultra terdapat tiga daerah yang dinyatakan bebas kasus COVID-19 di antaranya Kabupaten Kolaka Timur, Buton Utara. Kedua daerah itu sempat memiliki data kasus COVID-19 namun semua dinyatakan sembuh, sedangkan satu daerah, yakni Kabupaten Konawe Kepulauan sejak awal tidak memiliki kasus COVID-19.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024