Kendari (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar lomba bercerita kalangan murid sekolah dasar (SD) sederajat se-Sultra.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Sultra Andi Sahrir di Kendari, Kamis mengatakan kompetisi tingkat Provinsi Sultra sebagai ajang mencari peserta terbaik yang akan mengikuti lomba bercerita tingkat nasional September 2020.

"Juara 1 pada kegiatan lomba bercerita ini akan mewakili Sultra di tingkat nasional di Jakarta dalam acara "GEMILANG" pada bulan september 2020 mendatang," kata Sahrir.

Seremoni lomba bercerita murid setingkat sekolah dasar dibuka Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Hj. Wagola.

Lomba bercerita bertujuan menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi generasi muda Indonesia.

Adapun peserta lomba terdiri dari 7 kabupaten, yakni Zakinah Adelia Putri, SDN 1 Lipu, Kabupaten Buton Utara dengan cerita usul asal Sarung Tenun Kulisusu.

Farah Zakiyah Putri, SDN 1 Pongo Kabupaten Wakatobi dengan judul cerita La Sirimbone, Najwa Salsabila, SDN 1 Kolaka, Kabupaten Kolaka dengan judul cerita Putri Wula Ano Andala Matahara.

Apriani Putri Amulia, SDN 1 Wawotobi, Kabupaten Konawe, dengan judul cerita Anak Yatim dan Dwimayra Diolarissa Barthimeus, SDN 33 Kasipute Kabupaten Bombana dengan
judul Putri Anawula dan Andala Matahara.

Mutiara Adria Hannas, SDN 6 Kota Kendari dengan judul Tengu dan Raja dan Cici Hijra Aulia, Madrasah Ibtidayah Raudhatul Janah Kabupaten Konawe Selatan dengan judul Lamongkara dan Gunung Mekongga.

Panitia menyiapkan hadiah bagi peserta juara I berupa uang tunai Rp 2.500.000, sertifikat dan souvenir.

Juara Juara II berhak atas uang tunai Ro2.000.000, sertifikat dan souvenir dan juara III uang tunai Rp1.750.00, sertifikat dan souvenir.

Juga panitia menghargai peserta yang menempati harapan I berupa uang tunai Rp 1.500.000, sertifikat dan souvenir.

Peserta harapan II disiapkan uang tunai Rp1.250.000, sertifikat dan souvenir serta harapan III, yakbi uang tunai Rp1.000.000, sertifikat dan souvenir.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024