Kendari (ANTARA) - UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kegiatan  pelatihan seni perfilman  dengan melibatkan 65 peserta dari kalangan pelajar perwakilan dari SMU/SMK sederajat dan beberapa mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kendari.

"Kegiatan pelatihan seni perfilman pertama dilakukan di UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada para pelajar dan mahasiswa yang punya cikal bakal dalam sangar seni perfilman khususnya di Kota Kendari," kata Arini Wahyu Sadalwati, M,Sos, Kepala Seksi Taman Budaya UPTD Museum dan Taman Budaya Diknasbud Sultra, di Kendari, Senin.

Kegiatan Bimbingan Teknis Tenaga Kesenian dan Perfilman dengan thema 'Bahasa Sinema' itu dibuka langsung Plt Kadis Diknasbud Sultra, Drs Asrun Lio, M.Hum, PhD didampingi Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dody Syarulsyah,SE MSi, Kabid Kebudayaan Drs Husen Kamase dan Kabid Perencanaan Drs Laode Fasikin.
  Plt Kadisdikbud Sultra Drs Asrun Lio, M.Hum, PhD didampingi Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dody Syahrulsyah,SE, MSI dan Kepala seksi kebudayaan Arini Widya Sadalwati. (Foto ANTARA/Azis Senong)
Menurut Arini Sadalwati, pelatihan seni perfilman yang dilaksanakan selama tiga hari (20-22 Juli) itu melibatkan beberapa pemateri dan mentor dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang ahli dibidang tata cara penulisan naskah dan erditing terkait pembuatan filmn.

"Kita harapkan, dengan kegiatan pelatihan seni perfilman ini, adik-adik peserta yang memiliki bakat dibidang seni teater untuk memanfatkan bertanya kepada nara sumber yang memang khusus kami datangkan dari IKJ," ujarnya.

Adapun nara sumber dari IKJ yang memberi pelatihan pada kegiatan kali ini adalah Ian Davin dan Arandhitio Balagi, keduanya merupakan anak muda pegiat seni perfilman yang juga memiliki sanggar seni dan studio.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024