Kendari (ANTARA) - Relawan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Adat Tolaki (LAT), bersama relawan dari Organisasi Kepemudaan Seni Budaya dan Tolaki, serta Jodha Lovers Mepokoaso, menyalurkan bantuan sembako kepada warga terdampak banjir di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan langsung oleh para relawan dengan mengunjungi langsung lokasi terdampak banjir di Desa Sulemandara, Kecamatan Pondidaha, dengan jarak tempuh sekitar 1,5 kilometer dengan menggunakan perahu untuk menuju lokasi 50 rumah warga yang tenggelam akibat bencana banjir.

Ketua Dewan Umum DPP LAT Masyur Mazie Abunawas, melalui Ketua Relawan Aguslan mengatakan bantuan yang diberikan sebanyak 50 paket sembako berisi beras, mi instan, susu, minyak goreng, air mineral dan lainnya.

"Alhamndulillah, untuk relawan yang turun dari DPP LAT ada 5 orang dari OKP 7 orang, pihak Jodha lovers Mepokoaso 9 orang. Kita sangat prihatin dengan keadaan yang dialami oleh saudara-saudara kita yang terkena musibah, semoga sumbangan tersebut dimanfaatkan dengan baik," kata Aguslan di Konawe, Minggu.

Aguslan berharap, pemerintah setempat khususnya pemerintah provinsi bersama Pemerintah Kabupaten Konawe melihat dan turun langsung ke lokasi warga yang terdampak banjir.

"Kami sudah tinjau langsung lokasi pengungsian korban banjir. Saya harapkan kedepan khususnya pengurus DPP LAT Sultra tetap semangat membantu saudara-saudara kita. Insha Allah, kita akan berlanjut setelah dari sini mungkin kita akan ke Konawe Utara. Disana juga ada saudara-saudara kita yang terkena banjir," jelasnya.

Relawan DPP Lembaga Adat Tolaki (LAT) Sultra, bersama relawan lainnya dari Organisai Kepemudaan Seni Budaya dan Tolaki, serta Jodha Lovers Mepokoaso, saat menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak banjir di Desa Sulemandara, Kecamatan Pondidaha, Konawe, Sulawesi Tenggara, Minggu (19/7/2020). (ANTARA/Harianto)

Selain itu, ia mengajak semua Dewan Pengurus Daerah (DPD) LAT yang ada di Kabupaten Konawe, Konawe Utara (Konut) Konawe Selatan (Konsel) Konawe Kepualauan (Konkep) Kolaka Utara (Kolut), Kalaka Timur (Koltim) dan Kota Kendari serta Bombana agar membantu korban banjir di Konawe.

"Sisihkanlah rejeki untuk teman-teman yang terkena bencana banjir, kebetulan kami sudah buka posko Relawan DPP LAT berserta dengan Konsorsium OKP bersama dengan Jodha Lovers Mepokoaso," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sulemandara, Indrians mengatakan saat ini ada sekitar 50 rumah warga dengan 113 KK yang masih mengungsi mandiri. Ia juga mengucapkan rasa terima kasih kepada relawan DPP LAT, OKP dan Jodha Lovers Mepokoaso yang telah membantu warganya.

"Dengan adanya bantuan yang diberikan semoga bisa bermanfaat untuk warga kami, muda-mudahan selalu jaya," katanya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024