Kendari (ANTARA) - SMA Negeri Keberbakatan Olahraga (SKO) Provinsi Sulawesi Tenggara membuka penerimaan calon siswa/atlet baru yang dimulai sejak 22 Juni hingga 4 Juli 2020.

Kepala SKO Sultra Ali Imran di Kendari, Kamis, mengatakan tahun ini pihaknya menyiapkan kuota sebanyak 70 siswa terbagi dalam lima cabang olahraga meliputi atletik, dayung, pencak silat, sepak takraw dan karate.

Kata Ali Imran, calon siswa baru yang diterima maksimal berumur 15 tahun atau kelahiran tahun 2005. Tempat pendaftaran dipusatkan di dua lokasi yaitu gedung SKO Sultra di Kendari dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau.

"Jadi untuk calon siswa dari Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Bombana, Kolaka Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Muna, Muna Barat, Buton Utara dan Wakatobi itu semua pendafatarannya di Gedung SKO di Kendari," katanya.

Sementara calon siswa dari Baubau, Buton, Buton Selatan dan Buton Tengah itu mendaftarnya di Kota Baubau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga.

Ali Imran mengatakan selama menjalani pendidikan di SKO, siswa akan diasramakan tanpa dipungut biaya termasuk kebutuhan belajar. Bahkan pihak sekolah menyiapkan makanan gratis serta tiap siswa diberi uang saku sebesar Rp300 ribu tiap bulannya.

"Jadi banyak fasilitas yang didapatkan siswa. Hanya saja di asrama ada ketentuannya antara lain tidak boleh merokok dan tidak boleh keluar tanpa izin. Siswa itu pagi sampai siang belajar. Terus siang sampai sore latihan. Malam istrahat, dan untuk makanannya juga ada ketentuan gizi sama seperti seorang atlet," imbuhnya.

Ali Imran menambahkan, bagi siswa yang berprestasi akan diutus mewakili Sultra dalam ajang Kejuaraan Nasional tingkat SKO se-Indonesia yang digelar tiap tahun.

"Karena itu nantinya selama menjalani pendidikan, siswa harus memacu dirinya agar bisa meraih prestasi," tuturnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024