Kendari (ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mencatat seluas 12,5 hektare sawah di daerah ini gagal panen akibat diserang hama penggerek batang dan hama tikus.

"Berdasarkan hasil identifikasi kami, ada 12,5 hektare lahan sawah petani kita yang gagal panen atau puso akibat diserang hama," kata kepala Dinas Pertanian Kendari, Sitti Ganef, di Kendari, Rabu.

Dikatakan, kondisi itu tentunya akan berpengaruh terhadap produksi petani dari kurang lebih 600 hektare lahan tanam pada periode tanam pertama 2020 ini.

"Lokasi persawahan di Kendari berada pada dua titik yakni di Kelurahan Labibia Kecamatan Mandonga dan di persawahan Amohalo, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga," kata Ganef.

Menurut Ganef, meskipun Kendari merupakan daerah perkotaan namun masih memiliki areal persawahan meskipun luasannya tidak seberapa dibanding dengan lahan sawah pada daerah sentra produksi padi di Sultra.

"Produksinya pun tidak seberapa, hanya menjadi penyangga kebutuhan beras di Kota kendari dengan produktivitas sekitar 4 ton sampai 5 ton per hektare," katanya.

Pemkot Kendari, kata dia, berusaha mewujudkan swasembada berkelanjutan melalui program upaya khusus (upsus) padi, jagung dan kedelai, berbagai cara dilakukan di antaranya perluasan areal tanam, peningkatan produksi, penguatan kelembagaan dan pembiayaan, termasuk pemberian bantuan alat produksi pertanian.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024