Kendari (ANTARA) - Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tenggara menyerahkan bantuan alat kesehatan berupa masker, multivitamin dan hand sanitizer kepada Organisasi masyarakat (ormas), Lembaga swadaya masyarakat (LSM), Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Forum lintas agama dalam upaya memerangi pandemi COVID-19.

Penyerahan bantuan alat kesehatan dan vitamin tersebut diserahkan Pj Sekretaris Daerah Sultra, La Ode Ahmad PB didampingi Plt.Kesbangpol Sultra Parinringi dan dihadiri perwakilan dan pimpinan Ormas di Kendari, dalam suasana buka puasa di aula pertemuan kantor Kesbangpol Sultra di Kendari, Senin.

Dalam penjelasan, Pj Sekda Sultra La Ode Ahmad PB mengatakan, dalam suasana Ramadhan tahun ini, masyarakat di Indonesia dan tidak terkecuali ratusan negara di dunia dirundung dengan wabah COVID-19, yang mau tidak mau harus melawannya dengan tetap memperhatikan prosedur kesehatan yang ada.

"Kalau pada suasana puasa tahun lalau, kita dianjurkan melaksanakan salat berjamaah di masjid dan menghadiri buka puasa bersama, namun tahun ini dan bahkan baru pertama kali terjadi sepanjang sejarah kehidupan manusia untuk melarang kita untuk kumpul dan bertemu dalam jumlah banyak, demi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujarnya.

Namun demikian, sebagai umat Islam maupun nonmuslim yang percaya kepada Tuhan Allah SWT, bahwa dengan suasana COVID-19 yang sudah menelan korban belasan bahkan mencapai ratusan ribu yang meninggal dunia akan segera berakhir dengan mengikuti araham pemerintah dan prosedur kesehatan dunia yang sudah ada.

"Kerja sama dan sinergi yang dilakukan lembaga formal dan masyarakat untuk mengatasi penyebaran COVID-19 yang disebabkan virus corona. Harus ada sinergi kelembagaan dan masyarakat saat melakukan pengurangan aktivitas sosial atau social distancing, maka strategi seperti lockdown tidak lagi diperlukan," tegasnya.

Sebelumnya, Plt Kesbangpol Sultra, Parinringi mengatakan penyerahan bantuan alat kesehatan dan vitamin kepada Ormas, LSm, OKP dan Forum-Forum lintas agama sebagai bentuk kepedulian pemerintah khususnya Kesbangpol dalam melawan pencegahan COVID-19.

  Foto bersama Pj.Sekda Provinsi Sultra la Ode Ahmad PB didampingi Plt.Kesbangpol Sultra Parinringi bersama pimpinan Ormas, LSM, OKP dan Forum linstas Agama di ruang utama kantor Kesbangpol, Senin. (foto Antara/Azis Senong)
Kesbangpol yang mempunyai kemitraan yang cukup besar, sehingga dipandang sangat perlu mengalokasi kegiatan dengan pengadaan alat kesehatan dan multivitamin yang bisa membantu mengurangi penyebaran virus Coran khususnya di Kota Kendari dan Sultra pada umumnya. 

Mantan wakil Bupati Konawe itu mengungkapkan, mitra Kesbangpol khusus Ormas, LSM dan OKP yang teregistrasi hingga saat ini berjumlah 229, belum termasuk lembaga forum keagamaan dan yayasan yang saat ini jumlahnya cukup besar.

"Tentu harapan kita dengan bantuan alat kesehatan ini jangan dilihat dari nilainya, tetapi sebagai bentuk kepedulian untuk meringankan warga yang tergabung dalam organisasi itu dan keluarganya dalam kondisi pandemi Covid-19," tuturnya.

Suasana penyerann alat kesehatan dan multivitamin itu juga dihadiri sejumlah pinpinan OPD di Sultra diantaran, Plt Bappeda Sultra Robert, Plt Kasat Pol PP La Ode Hidayat Daerah, Plt Kadis Pertanian dan peternakan Ari Sismanto dan Plt Dinas Pariwisata Sultra I Gd Panca.

   
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024