Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada terhadap hujan lebat yang disertai guntur dan angin kencang berpotensi terjadi siang hingga sore hari di beberapa wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Prakirawan BMKG Sultra, Faizal Habibie mengatakan potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi pada siang hari di wilayah Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Bombana, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Buton, dan Buton Tengah.

"Peringatan dini berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai guntur dan petir serta angin kencang dapat terjadi di beberapa wilayah itu," kata Faizal, melalui keterangan resmi BMKG Kendari, yang diterima Ahad.

Sementara pada malam hari, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di wilayah Wakatobi. Kemudian wilayah Konawe Selatan, Buton Selatan, dan Wakatobi juga berpotensi terjadi pada dini hari.

"Hujan sedang pada siang hingga sore hari berpotensi terjadi di wilayah Kolaka, Kolaka Timur, Bombana, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kendari, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Buton, dan Buton Tengah. Hujan Ringan di wilayah Kolaka Utara, Konawe Kepulauan, Baubau, Buton Selatan, dan Wakatobi," katanya.

Ia juga menyampaikan suhu udara mencapai 23-31 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari Timur menuju Selatan dengan kecepatan 2-30 kilometer per jam.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.*

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024