Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, menyampaikan prakiraan cuaca wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) bahwa beberapa wilayah daerah itu berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat skala lokal atau tidak merata yang dapat disertai guntur dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Sultra, Faizal Habibie menjelaskan potensi terjadi hujan sedang hingga lebat skala lokal tersebut dapat terjadi wilayah Konawe Kepulauan dan Buton Utara pada pagi hari, sementara di wilayah Konawe Kepulauan dan Kolaka Utara pada siang hingga sore hari, dan di wilayah Kolaka Timur pada malam hari.

"Kemudian potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang juga dapat terjadi di wilayah Wakatobi pada pagi hari, di wilayah Kendari, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe dan Wakatobi pada siang hingga sore hari," kata Faizal dalam rilis BMKG Kendari, Kamis.
  Prakiraan cuaca di wilayah Sulawesi Tenggara pada 23 April 2020. (ANTARA/HO-Humas BMKG Kendari)

Sementara itu, untuk potensi hujan sedang pada siang hari, berpotensi terjadi di wilayah Kendari, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe dan Wakatobi. Hujan Lokal di Konawe Kepulauan dan Kolaka Utara. Hujan Ringan di wilayah Bombana, Konawe Utara, Buton Tengah, Buton Selatan dan Buton Utara.

"Malam hari berpotensi terjadi Hujan Lokal di Kolaka Timur dan Hujan Ringan di Kolaka Utara dan dini hari berpotensi terjadi hujan ringan di wilayah Wakatobi, Konawe Kepulauan dan Buton Utara," jelasnya.

Selain itu, Faizal menyampaikan suhu udara mencapai 24-33 derajat celcius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari Timur Laut menuju Tenggara dengan kecepatan 2-20 kilometer per jam.

Sehingga ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024