Kendari (ANTARA) - Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari, Sulawesi Tenggara, berupaya mempercepat realisasi bantuan sosial khususnya Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PROGRES LU) Tahun 2020.

Kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan upaya tersebut dilakukan dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) PROGRES LU di delapan wilayah jangkauan dengan melibatkan 62 Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) melalui aplikasi Zoom.

"Lansia termasuk salah satu kalangan yang rentan akan dampak penyebaran COVID-19, maka dari itu Kemensos menginstruksikan untuk segera mempercepat Realisasi Bantuan Sosial PROGRES LU. Sebagai upaya dan langkah awal percepatan tersebut, LRSLU Minaula Kendari sebagai salah satu UPT Kemensos melaksanakan Bimtek PROGRES LU," kata Syamsuddin dalam rilisnya yang diterima di Kendari, Sabtu.

Syamsuddin menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh LRSLU Minaula Kendari, dinas sosial provinsi dan kabupaten/kota, LKSLU, tenaga profesional lansia, dan pendamping LKSLU masing-masing wilayah.

"Kegiatan dilakukan memanfaatkan Aplikasi Zoom guna menjelaskan secara detail dan teknis terkait komponen-komponen yang ada di PROGRES LU yakni bantuan bertujuan, dukungan keluarga, perawatan sosial dan terapi," tutur Syamsuddin.

Kegiatan ini, lanjut dia, untuk memastikan kesiapan LKSLU dalam melaksanakan PROGRES LU mengingat lansia merupakan penduduk yang rentan terdampak  COVID-19.

Bimtek ini, kata dia, tidak mengurangi substansi yang ada dalam PROGRES LU dan diharapkan ini sebagai langkah awal LKSLU dalam melaksanakan program ini.

"Sebagai tambahan ke depan kami juga akan terus mengadakan bimtek-bimtek online yang sifatnya tematik terkait teknik perawatan sosial dan terapi, serta dukungan keluarga kepada seluruh Pengurus dan Pendamping LKSLU dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas serta meningkatkan kualitas layanan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Anak dan Lansia Dinas Sosial Provinsi Maluku, Edwin mengatakan kegiatan tersebut sangat penting dilaksanakan melalui daring (online), mengingat kondisi saat ini sangat rawan terhadap penyebaran wabah COVID-19.

"Kami selaku dari Dinas Sosial Provinsi Maluku siap mendukung dan membantu mengawasi secara penuh terkait Pelaksanan PROGRES LU di Provinsi Maluku Tahun 2020," kata Edwin

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024