Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Kesehatan mulai membagikan masker secara gratis buat Puskesmas di wilayah kota itu dalam rangka upaya pencegahan Covid-19.

"Hari ini kita mulai distribusi di Puskesmas-puskesmas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum, di Kantor Dinkes Kota Kendari, Selasa.

Dikatakan, berhubung jumlah masker yang ada terbilang sedikit dan masih sangat kurang maka pembagiannya akan diprioritaskan kepada masyarakat yang sedang berobat di RSUD Kota Kendari dan di 15 Puskesmas yang ada di Kota Kendari.

"Kita prioritaskan dulu pasien-pasien yang berobat di rumah sakit dan Puskesmas, terutama pasien dengan diagnosa ISPA atau penyakit gangguan pernapasan," katanya.

Selain itu katanya, masker yang ada saat ini juga akan dibagikan kepada petugas kesehatan yang berhubungan langsung dengan pasien tersebut.

Disebutkan, masker yang tersedia saat ini baru 5.000 pcs sesuai yang dikirim oleh pihak Kimia Farma dari 11 ribu pcs yang disepakati.

"Masih tersisa 6.000 pcs lagi yang akan menyusul, sesuai kesiapan Kimia Farma yang disampaikan saat rapat koordinasi dengan multipihak sebelumnya. Baru 5.000 pcs yang tiba. Itupun sudah diberikan kepada pihak RSUD Kota Kendari 500 pcs. Sisa 4.500 pcs," katanya.

Berdasarkan data Dinkes Kota Kendari, jumlah pasien per hari di 15 Puskesmas yang ada mencapai 1.036 orang, sedangkan petugas kesehatan yang berhubungan dengan pasien berjumlah 558 orang.

"Sehingga pembagian masker untuk setiap puskesmas secara proporsional sesuai data pasien dan jumlah petugas kesehatan," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024