Tirawuta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara telah menyiapkan dana hibah sebesar 6,5 miliar untuk pengamanan pemilihan kepala daerah 2020 di daerah itu.

Kepala Dinas Kominfo Kolaka Timur, Nyoman Abdi, dari Tirawuta, Sabtu, mengatakan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 antara Bupati Kolaka Timur Kapolres Kolaka serta Dandim 1412 Kolaka telah dilaksanakan.

"Pemerintah daerah memiliki tanggugjawab untuk menyiapkan dana untuk penyelenggaraan Pilkada mulai Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu Kolaka Timur serta untuk pihak keamanan dalam hal ini Kepolisian dan TNI," katanya.

Hal itu kata dia, dilakukan agar pilkada ini berjalan baik, lancar dan sesuai dengan harapan pesta demokrasi berkualitas.

"Kolaka Timur merupakan urutan ketiga kabupaten yang sudah menandatangani NPHD dari total tujuh kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada di Sultra tahun ini," katanya.

Tujuh kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada serentak 2020 di Sultra yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Muna, Buton Utara dan Wakatobi.

Sebelumnya, Bupati Kolaka Timur, Tomy Herbiansyah, menyebutkan sesuai rilis Badan Pengawas Pemilu, Kolaka Timur memiliki indeks kerawanan konflik pilkada yang sangat kecil, atas hal ini harus terus di pertahankan bahkan ditingkatkan. 

"Harapan kita semua, apa yang kita capai ini harus terus pertahankan, berkualitas dan terlebih lagi tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi, sangat menentukan  pesta demokrasi yang lebih meriah dan hasil yang lebih baik," katanya. 


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024