Kendari (ANTARA) - Paguyuban Daerah Pengurus wilayah (DPW) Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (Kebugis-Sidrap) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang sudah dibentuk sejak pertengahan 2019 lalu kini menunggu pengukuhan dari Pengurus Besar Dewan Pimpinan Pusat.

Panitia pengkuhan DPW Kebugis Sultra, Hj Rahmatiah A.Dody di Kendari, Senin, mengungkapkan rencana pengukuhan yang akan dihadiri PB Kebugis Pusat, Irjen Polisi (Pur.) Dr.M Said Saile, MSI baru akan dilangsungkan akhir Januari 2020 ini.

"Kita rencanakan di atas tanggal 25 Januari 2020 ini sudah dilakukan pengukuhan," ujaranya saat ditemui pada suasana pemantapan pengukuhan pengurus.

Rahmatia Dody yang juga selaku Wakil Ketua III dalam pengurusan DPW Kebugis Sultra itu mengungkapkan terjadinya keterlambatan pengukuhan pengurus, karena selain masih melakukan pendataan serta sosialisasi bagi warga Bugis Sidrap di Sulawesi Tenggara, juga padatnya kegiatan bapak Sulkarnain Kadir (Wali Kota Kendari), baik selaku penasehat/Pelindung maupun pembina didalam kepengurusan Bugis Sidrap.

Di samping itu juga, kehadiran Bupati Sidrap saat ini untuk hadir dalam pengukuhan sangat dinantikan warga masyarakat asal Bugis Sidrap di Kota Kendari dan Sultra pada umumnya, karena walaupun bagaimana beliau dalam kepengurusan itu juga sebagai penasehat dan pelindung.

DPW Kebugis Sultra sebagai organisasi kemasyarakatan yang fungsional di bidang sosial budaya diharapkan tercipta hubungan silaturahmi dan kekeluargaan dalam ikatan persatuan dan kesatuan bangsa terkhusus dalam lingkungan masyarakat asal Bugis Sidrap yang ada di Sulawesi Tenggara.

Terkait jumlah warga asal Bugis Sidrap di Sultra, Menurut Ketua panitia pengukuhan Hamzah Bado mengatakan, hingga saat ini masih dalam proses pendataan namun jumlahnya mencapai belasan ribu jiwa atau lebih.

Kepengurusan wilayah Kebugis Sultra periode 2019-2024 terbentuk melalui surat keputusan PB Kebugis Sidrap nomor:08/PB-KEBUGIS/SK-PW/VI/2019 tanggal 28 Juni 2019 dengan sususnan pengurus terdiri dari Penasehat/pelindung (Gubernur Sultra, Wali Kota Kendari, Bupati Sidrap dan Ketua BPW KKSS Sultra). Sedangankan Pembina ada 12 orang termasuk H.Sulkarnain Kadir (wali Kota Kendari).
  Pengurus Wilayah Provinsi KEBUGIS Sultra dalam pertemuan terkait persiapan pengukuhan disalah satu tempat di Kendari. (Foto Antara/Azis Senong)
Adapun nama-nama Pengurus harian yakni Ketua H.Arban Inring dibantu tiga wakil ketua (Dr.Burhan Said, Hamzah Bado dan Hj Rahmatiah A Dody). Sementara sekertaris Hj Syahwiah Rahim dibantu tiga wakil sekertaris dan Bendahara Nasriani Purnomo dibantu tiga wakil bendahara.

Kelengkapan dari pengurus PW Kebugis Sulta juga dilengkapi 10 bidang yakni bidang pengembangan organisasi, bidang kerohanian, bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang sosial, penggaalangan dana, seni budaya dan pamuda, kesehatan, pemberdayaan perempuan, humas dan bidang hukum.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024