Baubau (ANTARA) - Tiga unit kapal Pelni yang sandar di pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, pada malam Tahun Baru 2020 menurunkan 2.024 orang penumpang.

Tiga armada itu yakni KM Nggapulu sandar pukul 20.00 Wita, KM Tilongkabila tiba pukul 21.30 Wita, dan KM Leuser sandar pukul 00.18 Wita.

Data yang dihimpun pada Selasa malam, KM Nggapulu yang berlayar dari pelabuhan Ambon, Maluku menurunkan sebanyak 1.074 penumpang, 512 penumpang berangkat, dan 1.633 penumpang lanjutan. Kapal ini akan melanjutkan berlayar ke pelabuhan Makassar, Sulsel.

Kemudian, KM Tilongkabila yang berangkat dari pelabuhan Makassar menurunkan 534 orang, 103 penumpang naik, dan 543  penumpang lanjutan. Armada ini akan melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Raha, Kabupaten Muna, Sultra.

Selanjutnya, KM Leuser yang tiba detik-detik pergantian tahun menurunkan 414 orang, dan menaikan 30 penumpang. Kapal ini berlayar dari pelabuhan Wanci Kabupaten Wakatobi dan akan melanjutkan pelayaran ke pelabuhan Makassar.

Tibanya ketiga kapal Pelni di pelabuhan Murhum, suasana jelang malam pergantian tahun khususnya di pelabuhan itu sangat ramai. 

Pemantauan Antara, penumpang tiba maupun berangkat dari dan ke pelabuhan tersebut cukup tertib. Para penumpang yang akan masuk kedalam dermaga terlebih dulu harus melewati pintu x-ray (pintu elektromagnetik) dan auto gate (pintu otomatis).

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024