Kendari (ANTARA) - Otoritas Bandara Haluoleo Kendari menyebutkan bahwa jumlah penumpang pesawat di bandara tersebut mengalami lonjakan atau peningkatan jelang liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Peningkatan jumlah penumpang pesawat menjelang Natal dan Tahun Baru telah terlihat dalam beberapa hari terakhir, tetapi saya tidak tahu persis data lonjakannya dibanding hari-hari biasanya," kata Kepala Bandara Haluoleo Kendari, Safruddin, di Kendari, Kamis.

Dikatakan, lonjakan penumpang tersebut tidak hanya yang datang dari bandara lalin ke bandara Haluoleo, tetapi juga yang berangkat dari bandara Haluoleo menuju ke daerah lain.

"Iya, jelang Natal dan Tahun Baru memang ada peningkatan jumlah penumpang dari hari-hari sebelumnya. Apalagi banyak pekerja atau tenaga kerja asing dari Morosi dan Morowali Sulteng, pastinya mereka mudik ke negaranya dan melalui Bandara Haluoleo," katanya.

Lonjakan penumpang tersebut katanya, merata untuk semua maskapai yang ada di bandara itu yakni Batik Air, Lion Air, Garuda, City Link dan Wings Air.

"Sedangkan untuk Sriwijaya Air dan Nusa Air untuk sementara tidak melakukan penerbangan hingga akhir tahun ini," katanya.

Menurut dia, untuk penumpang domestik dari Bandara Haluoleo sebagian besar tujuan utamanya masih di Bandara Makassar.

Safruddin juga menyebutkan, demi kenyamanan calon penumpang pesawat maka pihaknya telah melakukan pembenahan di ruang tunggu.

"Kami merubah layout ruang tunggu, jumlah kursi tersedia sekitar 2.000 unit, dan ada lagi penambahan ruang tunggu tetapi belum kita gunakan sekarang," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024