Kendari (ANTARA) - Menjelang peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2019, salah satu hotel di Kota Kendari yakni Hotel Plaza Inn menggandeng Hotel Horison menggelar kegiatan sosial donor darah.

General Manager (GM) Plaza Inn, Priehandhono Setiabudhi di Kendari, Kamis, mengatakan kegiatan tersebut berkaitan dengan Peringatan HKS dan merupakan salah satu program dari PT MGM Koorporasi di Jakarta.

Priehandhono juga mengungkapkan tujuan kegiatan donor daerah tersebut adalah ketika PMI membutuhkan darah ataupun dibutuhkan oleh masyarakat, maka stok darah bisa terpenuhi melalui PMI sehingga ia berharap kegiatan itu bisa memberi manfaat kepada orang banyak.

"Salah satu tujuannya adalah memberikan manfaat yang besar, jadi ketika ada yang membutuhkan darah atau banyak yang membutuhkan darah di PMI, maka PMI tidak akan kesulitan dalam melayaninya. Kami semua unit di Horison kurang lebih 49 melakukan hal ini secara serempak sebelum tanggal 20 yang merupakan puncak HKSN," kata Preihandhono Setiabudhi.
  Suasana kegiatan donor darah, Kamis (12/12/19). Kegiatan sosial ini digelar oleh Hotel Plaza Inn Kendari dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2019. (ANTARA/Yaya La Ardi)

Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan donor darah itu merupakan kegiatan yang kedua kalinya yang digelar secara serentak, namun dilakukan secara internal. Ia mengatakan sebelumnya pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait kegiatan sosial itu.

"Kegiatan ini sesuatu yang sangat baik dan bisa dilakukan oleh pihak manapun untuk laki-laki sekitar enam bulan sekali dan untuk wanita sekitar tiga bulan sekali melakukan donor darah," ujarnya.

Untuk kegiatan itu, pihaknya tidak menargetkan berapa kantong darah yang dikumpulkan, namun ia memprediksi jumlah darah yang terkumpulkan bisa mencapai 100 kantong.

"Sebenarnya target utama kami adalah memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa donor darah sangat penting dan bisa bermanfaat bagi kesehatan, sehingga melalui kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa hal seperti ini bisa menjadi momentum yang baik di Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional," katanya.

Baca juga: PlazaInn Kendari Tawarkan Promo Menarik Akhir Tahun
 

Pewarta : Yaya La Ardi/Bobi Nardi
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024