Kendari (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan sosialisasi bahaya narkoba dan tes urine pada pelajar Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Kesehatan Mandonga Kendari, Rabu.

Penyuluh Narkoba BNNP Sultra Melis Y Lebo mengatakan tes urine tersebut untuk mewujudkan lingkungan sekolah bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Tes urine ini untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada kalangan pelajar, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang bebas dari narkoba," kata Melis di Kendari, Rabu

Melis mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut diikuti kurang lebih 120 orang siswa-siswi SMAS Kesehatan Mandonga dan untuk kegiatan tes urine mengambil sampel sebanyak 27 pelajar.

"Dari 27 pelajar yang menjadi sampel pemeriksaan urine, semuanya dinyatakan negatif," katanya.

Perwakikan BNN Sultra, saat melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba pada siswa-siswi SMA Swasta Kesehata Mandonga Kendari, Rabu (20/11/19). (ANTARA/Harianto)

Ia mengatakan, sebelum dilakukan pemeriksaan urine kepada para siswa, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi dengan tema "Hidup Sehat Tanpa Narkoba" yang diikuti sebanyak 120 siswa di sekolah itu.

Baca juga: BNN Sultra lakukan tes urine 31 siswa SMA Oikumene Kendari

Selain itu, Melis mengatakan kegiatan itu berdasarkan Surat Kepala SMA Swasta Kesehatan Mandonga tanggal 14 November 2019 Nomor : 422/022/SMAS KESMAN/ BNN/XI/ 2019 tentang permintaan untuk sosialisasi dan tes urine narkoba.

"Selain itu juga Surat Perintah Kepala BNNP Sultra Nomor: Sprin/1537/XI/Ka/Pm.00.00/2019/BNNP tanggal 18 November 2019 tentang Petugas Pelaksana Kegiatan Sosialisasi dan Tes Urine Narkoba bagi Siswa-Siswi SMA Swasta Kesehatan Mandonga Kendari," kata Melis.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024