Tirawuta (ANTARA) - Tim penggerak PKK Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pelatihan kader Bina Keluarga Balita (BKB) se-Kabupaten Kolaka Timur di Aula Pemda, Rabu. 

Ketua TP-PKK Kabupaten Kolaka Timur, Hj Surya Adelina Tony Herbiansyah, saat membuka kegiatan itu menyampaikan pelatihan kader BKB dan Usaha pendapatan peningkatan keluarga (UP2K) bertujuan untuk melatih para kader karena kegiatan itu selalu dilombakan setiap tahun di tingkat Provinsi.

"Kegiatan itu memang sangat penting, mengingat bidang ini selalu dilombakan setiap tahunnya sehingga ada tambahan pengetahuan dan penyamaan persepsi terkait hal-hal yang perlu dilakukan agar bisa menjadi yang terbaik saat lomba," katanya.

Dikatakan, anak adalah anugerah dari tuhan yang tidak terhingga dan yang harus dijaga dengan cinta dan kasih sayang yang melimpah, karena anak sebagai amanah tentunya menjadi tanggung jawab bersama untuk mendidiknya. 

Keluarga kata dia, merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membina karakter anak sejak usia dini, dimana orang tua sekaligus penanggung jawab dalam membina tumbuh kembang anak, guna menghasilkan generasi emas yang bermanfaat bagi agama dan bangsa. 

“Karenanya setiap anggota keluarga berperan penting dalam memantau setiap pertumbuhan dan perkembangan anak," katanya.

Sementara itu, Ketua Pokja 2 Bidang Pembinaan Keluarga dan Karakter PKK Kolaka Timur, Siti Madina, mengatakan peran seorang ibu sangat besar dalam mendidik karakter seorang anak.

"Karena inilah ikatan emosional antara anak dan orang tua.Ibu adalah panutan terhadap anak-anak dan Hak  anak adalah ia harus membutuhkan kasih sayang kepada orang tuanya," katanya.

Ia menambahkan, pengembangan anak usia dini secara holistik-integratif serta penerapan nilai-nilai  pancasila dan kehidupan sosial dan semangat gotong royong, dan pendidikan utama anak adalah pendidikan di dalam keluarga. 

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024