Wanggudu (ANTARA) - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar kegiatan bimbingan terpadu terkait Program kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat Kabupaten Konawe Utara.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Konawe Utara, Kasim Pagala, dihadiri Kabid Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, Kabid Dalduk BKKBN Sultra, dr Fithriyani Aboe Kasim dan rombongan bertempat di Wanggudu, Senin.

Peserta kegiatan berasal dari seluruh jajaran Dinas Dalduk KB Konawe Utara, PKB/PLKB, Kader Tribina (BKB, BKR, BKL, UPPKS, PIK Remaja/Mahasiswa), PPKBD Konawe Utara.

Kasim Pagala mengatakan, kegiatan tersebut menjadi penting karena sebagai ajang untuk mensinkronkan program dan anggaran antara APBN dan APBD Konawe Utara.

"Kegiatan ini menjadi penting juga sebagai ajang untuk mengevaluasi capaian pelaksanaan program KKBPK di Konawe Utara," katanya.

Menurut Kasim Pagala, program KKBPK sebagai momentum untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

"Dari sisi pencapaian, Konawe Utara berada pada urutan ke-4, oleh karena itu disisa waktu yang ada harus dimaksimalkan untuk menambah capaian tambahan peserta KB baru," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, mengapresiasi capaian program KKBPK di Konawe Utara yang sudah mencapai 85,1 persen per September 2019.

"Dari target peserta KB baru Konawe Utara tahun 2018 sebanyak 2.115 akseptor, per September sudah mencapai 1.800 akseptor atau 85,1 persen," katanya.

Agus Salim yakin, dengan semangat dan kerja keras pihak terkait, maka target program KKBPK di Konawe Utara bisa dicapai 100 persen hingga akhir tahun ini.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024