Kendari (ANTARA) - Unit Kegiatan Seni (UKS) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong pengembangan bakat dan minat seni masyarakat Kota Kendari melalui kegiatan Pabitara di Taman Kota Kendari.

Ketua panitia kegiatanitu, Iwan Djibran, di Kendari, Selasa, mengatakan kegiatan UKS Pabitara yang kedua itu dalam rangka pembinaan dan pengembangan seni pertunjukan bagi masyarakat dan mahasiswa di kota tersebut.

"Pabitara yang kedua ini mengangkat tema yaitu seni 'Pertunjukan Menuju Industri Seni'," kata dia.
  Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, saat menghadiri pertunjukkan Seni Pabitara II di Taman Kota Kendar dengan tema "Pertunjukan Menuju Industri Seni". (ANTARA/Bobi Nardi)

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Pabitara berasal dari kata dalam bahasa Suku Tolaki. Akan tetapi, memiliki singkatan dari perang bintang tiga generasi.

Mereka yang tampil dalam pertunjukan itu dari generasi 1993 hingga 2019, mulai anak muda sampai dengan orang tua.

"Dengan adanya kegiatan ini bahwa masyarakat Kota Kendari mendapatkan gambaran seni dan terutama untuk mahasiswa Universitas Halu Oleo," ujarnya.

Ia juga mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat membuat "Halo Kendari" sehingga ada ajang untuk talenta-talenta muda Kota Kendari lainnya yang memiliki bakat, khususnya di bidang seni.

Beberapa jenis lomba seni yang dipertunjukkan dalam Pabitara II tersebut, yakni pop vokal, monolog, puisi, vokal grup, ban rock, tari, musikalisasi puisi, dan musik dua warna.

Pewarta : Bobi Nardi
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024