Kendari (ANTARA) - 200 orang warga di Kota Kendari, mulai dari pegawai kelurahan, kecamatan, anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot, dan beberapa perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di Kota itu mengikuti latihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) sebagai bentuk Pendidikan Bela Negara.

Para peserta dilatih oleh tiga orang Babinsa agar mahir dalam PBB. Ke-200 orang peserta dilatih cara hormat yang baik, hadap kiri hadap kanan, jalan di tempat, langka tegap maju dan lainnya.

Latihan PBB itu sebagai bentuk rangkaian dari kegiatan pendidikan pendahuluan bela negara, yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kota Kendari selama tiga hari, sejak tanggal 23 hingga 26 Oktober 2019.

Pelaksanaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara itu mengusung tema "Gelorakan Semangat Bela Negara Generasi Milenial Untuk Memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia". Dimana dimaksudkan agar pihak-pihak ini, memahami dan ikut andil terlibat dalam menjaga keutuhan NKRI.

Kepala Kesbangpol Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan bela negara merupakan kewajiban kita bersama warga Negara Indonesia tanpa terkecuali.

"Tantangan era informasi seperti sekarang ini dampak negatifnya menjadi tanggung jawab semua kalangan khususnya kaum milenial untuk menjaganya, karena bela negara tidak hanya dengan mengangkat senjata atau fisik tapi dengan melakukan peran dengan baik," jelas Ridwansyah, di Kendari, Sabtu. Latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Kendari. (ANTARA/Harianto)

Dirinya berharap setelah kegiatan ini, peserta bisa memberikan informasi bersambung kepada masyarakat di sekitarnya, bahwa bela negara itu bukan hanya tanggung jawab TNI atau penegak hukum lainnya, pegawai negeri tapi semua komponen masyarakat sesuai profesi masing-masing.

"Kegiatan selain dikemas dalam bentuk out bond, sekaligus bersih-bersih pantai di Nambo dalam rangka mendukung HPS, karena memungut sampah itu juga bagian dari bela negara, bukan hanya tugas pegawai kebersihan saja," tambahnya.  

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024